Sambut Ramadan 1443 Hijriah, ACT Siapkan Sejumlah Program

PPATK buat program 'Kan Ramadan' untuk bulan puasa tahun ini

Jakarta, IDN Times - Lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) membuat sejumlah program untuk menyambut bulan Ramadan 1443 Hijriah/2022 Masehi. Presiden ACT Ibnu Khajar mengatakan, pada Ramadan tahun ini ACT membuat tema besar bernama "Kan Ramadan".

Ibnu menjelaskan, tema "Kan Ramadan" dipilih untuk memberi gambaran kepada umat Muslim ketika ingin melakukan ibadah lebih giat tidak hanya dilakukan saat Ramadan saja.

"Sebelum Ramadan, kita harus menyambutnya dengan persiapan-persiapan terbaik. Saat Ramadan berlangsung, kita lakukan ibadah-ibadah terbaik. Termasuk sedekah terbaik. Lalu setelah Ramadan, kita harus memberi yang terbaik atas berkah dari bulan Ramadan yang kita dapatkan," ujar Ibnu dalam keterangannya, Minggu (6/3/2022).

Baca Juga: Pemprov DKI dan ACT Kirim 10 Truk Bantuan buat Korban Erupsi Semeru

1. Program ACT saat bulan Ramadan 1443 Hijriah

Sambut Ramadan 1443 Hijriah, ACT Siapkan Sejumlah ProgramPresiden ACT Ibnu Khajar (kiri) saat memberikan paket sembako dalam Operasi Pangan Murah di Masjid Assuada, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Jumat (15/10/2021) (Foto: dok ACT)

Ibnu kemudian menjelaskan sejumlah program ACT yang akan diselenggarakan di bulan Ramadan. Mulai dari bantuan pangan, bantuan untuk guru dan dai di tepian negeri, pembangunan masjid di pelosok daerah, distribusi mushaf Al-Qur’an, dan zakat fitrah.

"Tak hanya di Indonesia, beragam aksi kebaikan selama masa Ramadan juga akan menyapa penduduk di negara terdampak konflik kemanusiaan dan krisis sumber daya. Di antaranya yaitu warga di negara Palestina, Suriah, Yaman, Rohingya, serta warga prasejahtera di negara-negara di benua Afrika," ucapnya.

Baca Juga: ACT Luncurkan Humanity Food Bus

2. Bulan Ramadan bisa dijadikan sebagai momentum untuk kembali saling membantu satu sama lain

Sambut Ramadan 1443 Hijriah, ACT Siapkan Sejumlah ProgramIlustrasi UMKM (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Lebih lanjut, Ibnu mengatakan, bulan Ramadan juga bisa menjadi momentum untuk kembali saling membantu satu sama lain. Terlebih, Ramadan tahun ini masih dalam suasana pandemik COVID-19.

Menurutnya, salah satu sedekah yang bisa dilakukan dengan membeli produk pelaku usaha UMKM. Hal itu bisa meningkatkan perekonomian para pelaku kecil.

3. Melakukan ibadah terbaik harus setiap hari

Sambut Ramadan 1443 Hijriah, ACT Siapkan Sejumlah ProgramIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Dewan Syariah ACT Bobby Herwibowo mengatakan, melakukan ibadah terbaik seharusnya dilakukan setiap hari tanpa menunggu datangnya bulan Ramadan. Sebab, setiap manusia tidak tahu kapan ajalnya datang.

"Bisa saja besok kita meninggal dunia. Sehingga apa yang kita rencanakan tidak tersampaikan karena memang Allah SWT telah menakdirkan umur kita tidak sampai ke Ramadan tahun ini. Jadi mulailah beribadah, termasuk bersedekah dari sekarang. Pada bulan Syaban ini, merupakan momen diangkatnya amal perbuatan kita oleh malaikat pencatat amal untuk dilaporkan kepada Allah," kata Bobby.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya