Sandiaga Ungkap Ada Perjanjian Politik Anies-Prabowo Saat Pilgub DKI

Perjanjian ditulis tangan Fadli Zon dan bermaterai

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno, mengatakan ada perjanjian politik antara dirinya, Anies Baswedan, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, saat hendak maju sebagai cagub-cawagub Pilkada DKI Jakarta 2017. Diketahui, Anies-Sandiaga merupakan pasangan yang diusung oleh Partai Gerindra dan PKS pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Tentunya perjanjiannya ditandatangani 3 pihak, saya, Pak Prabowo, dan Pak Anies," ujar Sandiaga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/1/2023).

Baca Juga: Gerindra: Kecil Peluang Duet Prabowo-Sandiaga Terulang di 2024

1. Perjanjian ditulis tangan Fadli Zon

Sandiaga Ungkap Ada Perjanjian Politik Anies-Prabowo Saat Pilgub DKIKetua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon (IDN Times/Linda Juliawanti)

Sandiaga menjelaskan, perjanjian itu ditulis tangan oleh Fadli Zon. Menurutnya, surat pernjanjian itu sekarang dipegang oleh Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

"Jadi, nanti mungkin Pak Dasco atau Pak Fadli yang mungkin bisa memberikan keterangan, karena itu juga menyangkut ada sisi Pak Prabowo dan Pak Anies," ucap dia.

"Itu terkait Pilgub 2017, malam itu kita tanda tangan sebelum kita mendaftar ke KPU, 2016 bulan September," sambungnya.

Baca Juga: Sandiaga Tegas: Gak Pernah Ada Undangan dari Elite PPP untuk Gabung

2. Sandiaga enggan beberkan isi perjanjian

Sandiaga Ungkap Ada Perjanjian Politik Anies-Prabowo Saat Pilgub DKIMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Meski demikian, Sandiaga enggan membeberkan isi perjanjian tersebut. Sandiaga beralasan, karena dia tidak memiliki salinannya.

"Menurut saya nanti lebih baik diterangkan oleh yang memegang perjanjiannya. Tapi memang perjanjian waktu itu dibutuhkan, karena harus ada kesepakatan bagaimana melangkah ke depan," ujar dia.

3. Sandiaga sebut berkomitmen hingga kini dengan perjanjian tersebut

Sandiaga Ungkap Ada Perjanjian Politik Anies-Prabowo Saat Pilgub DKIMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sandiaga menerangkan, perjanjian tersebut ditandatangani di atas materai. Dia mengaku hingga kini masih berkomitmen dengan perjanjian tersebut.

"Saya sih komit, saya sampai saat ini karena saya tanda tangan, komit dan mungkin yang lain bisa ditanyakan," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya