Sekjen PDIP Sebut Ada Partai yang Hobi Impor Pangan, Singgung Siapa?

Meski demikian, Hasto enggan menyebutkan partainya

Jakarta, IDN Times - Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan ada partai yang hobi impor pangan. Hal itu disampaikan Hasto dalam acara Seminar Nasional Daulat Pangan Wujudkan Kesejahteraan Petani dan Konsolidasi Program Mari Sejahterakan Petani (MSP) di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (3/2/2023). 

Mulanya, Hasto menyebut kalau semangat kedaulatan pangan dihidupkan dan dilaksanakan dengan baik, Indonesia tidak akan mengimpor pangan. 

"Jadi, dari hulunya, kalau kita punya spirit Indonesia bisa berdaulat di bidang pangan, Indonesia bisa berdikari di bidang pangan, maka tanpa melalui impor kita bisa memproduksi pangan oleh anak bangsa, petani-petani Indonesia," ujar Hasto.

Baca Juga: Tak Mau Putus Silaturahmi, PDIP: Kami Welcome Sama NasDem

1. PDIP belum mampu membentuk pemerintahan sendiri

Sekjen PDIP Sebut Ada Partai yang Hobi Impor Pangan, Singgung Siapa?Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto mengatakan, ada partai yang hobinya melakukan impor bahan pangan. Menurutnya, PDIP tak mampu mencegah hal itu karena banyak partai yang ada di pemerintahan.

Menurutnya, PDI Perjuangan belum mampu membentuk pemerintahannya sendiri. Sehingga, perlu adanya koalisi dengan partai politik lain.

"Sudah tahu, itu di diberita banyak," ujar dia.

Baca Juga: Kejutan di HUT PDIP, Ganjar: Bu Mega Kepengin PDIP Menang Hattrick

2. PDIP singgung minyak goreng hingga garam dikorupsi

Sekjen PDIP Sebut Ada Partai yang Hobi Impor Pangan, Singgung Siapa?Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Hasto juga menyinggung maraknya korupsi yang dilakukan. Bahkan, minyak goreng hingga garam pun turut dikorupsi.

"Beberapa waktu lalu yang namanya minyak goreng saja ada yang dikorupsi, yang namanya garam ada yang dikorupsi saudara-saudara sekalian. Betul?," kata dia.

Meski demikian, Hasto enggan menyebutkan siapa partai politik yang gemar impor bahan pangan itu.

3. Indonesia bisa produksi garam yang baik

Sekjen PDIP Sebut Ada Partai yang Hobi Impor Pangan, Singgung Siapa?Ilustrasi Petani garam. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Menurutnya, Indonesia juga bisa memproduksi garam dengan baik. Salah satunya di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Padahal kita bisa, yang namanya daerah NTT itu curah hujannya itu rendah, untuk merancang pabrik garam, ini sederhana prosesnya. Hanya penguapan saja sudah jadi garam itu," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tidak Setuju Jabar Impor Beras! 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya