Sidang Tahunan MPR: Jokowi Ingin Stunting di Indonesia Cepat Dipangkas

Demi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo, dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR RI 2022, ingin stunting di Indonesia cepat dipangkas. Dia mengatakan, sejumlah progam telah disiapkan untuk menangani stunting.

"Semua agenda harus ditopang oleh manusia Indonesia yang unggul. Untuk itu, di bidang kesehatan, stunting harus cepat dipangkas. Layanan promotif dan preventif serta layanan pengobatan harus semakin kuat dan merata," ujar Jokowi, Selasa (16/8/2022).

Selain itu, Jokowi juga meminta akses pendidikan anak harus menjadi prioritas program pemerintah. Menurutnya, semua siswa juga harus dikenalkan dengan dunia kerja sejak dini.

"Para siswa dan mahasiswa harus dikenalkan pada dunia kerja sejak dini. Minat anak di bidang sains, teknologi, seni, dan olahraga harus didukung dan diapresiasi. Oleh karenanya, budi pekerti yang luhur, ideologi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan patriotisme merupakan pilar utama," ucap dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meminta agar seni tradisional harus terus digairahkan. Sebab, seni tradisional merupakan salah satu warisan budaya bangsa.

"Karya sastra dan film karya seniman muda harus terus didukung. Dana Abadi Kebudayaan akan terus kita tingkatkan sesuai kemampuan fiskal pemerintah," imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Sudah Jadi Produsen Baterai Litium Global

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya