Sileut Bentuk Pesawat Ditemukan di Selat Madura

Gambar yang ada di sonar berbentuk pesawat

Jakarta, IDN Times - Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut, Laksda Dwika Tjahja Setiawan angkat suara soal posisi jatuhnya pesawat latih TNI AL di Selat Madura. Dwika mengatakan, sejauh ini tim gabungan menemukan adanya siluet berbentuk pesawat.

"Memang secara gambar yang ada di sonar itu bentuknya hanya siluet. Masih terlihat bentuk pesawatnya di kedalaman antara 10-15 meter," ujar Dwika saat konferensi pers di Mabes AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (7/9/2022).

Meski demikian, Dwika belum bisa memastikan apakah siluet tersebut adalah pesawat latih TNI AL yang jatuh pagi tadi.

"Jadi, kita tidak bisa detail melihat kru, kondisinya seperti apa, kita tidak bisa melihat," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Dwika menjelaskan, kronologi pesawat latih berjenis G-36 Bonanza T-2503 jatuh di Selat Madura pagi tadi. Dwika mengatakan pesawat latih itu jatuh sekira pukul 09.30 WIB.

"Kejadian tepatnya di Selat Madura, sebelah timur Gresik. Pesawat tersebut mengalami gangguan kemungkinan, jatuh ke laut dan tenggelam," kata dia.

Pesawat latih TNI AL itu diterbangkan oleh pilot Lettu Judistira Eka Permady dan copilot Letda Laut (P) Dendy Kresna Bhakti. Pada pukul 08.45 WIB, pesawat latih take off dari Bandara Juanda dengan rute Sub-(Armada) Loc Area-Sub.

Pukul 08.55 WIB, pesawat dinyatakan hilang kontak di perairan Selat Madura. Setelah itu, tim gabungan langsung melakukan pencarian.

"Penyebab jatuhnya pesawat masih belum diketahui," kata Dwika.

Baca Juga: TNI AL Pastikan Pesawat Latih yang Jatuh di Selat Madura Masih Layak

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya