Soal Pengganti Tjahjo Kumolo Jadi MenPAN-RB, Begini Kata Moeldoko

Pergantian menteri merupakan hak prerogatif presiden

Jakarta, IDN Times - Hampir dua pekan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia. Namun, belum ada sinyal kapan Presiden Joko "Jokowi" Widodo menentukan pengganti almarhum Tjahjo.

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan, terkait pergantian menteri, itu merupakan hak prerogratif Presiden.

"Itu nanti otoritasnya Presiden, apa ada kemungkinannya sekalian reshuffle," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Baca Juga: Masih Berduka, Jokowi Belum Pikirkan Pengganti Tjahjo Kumolo

1. Masih berduka, Jokowi belum tentukan pengganti Tjahjo

Soal Pengganti Tjahjo Kumolo Jadi MenPAN-RB, Begini Kata MoeldokoPresiden Jokowi di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, Subang, Jawa Barat (IDN Times/Ilman Nafian)

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku belum memikirkan pengganti almarhum Tjahjo Kumolo untuk duduk di kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, karena masih dalam keadaan berduka. Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022. 

"Belum, masih dalam proses semuanya, kita juga menunggu masih berduka," ujar Jokowi di sela-sela kunjungannya di Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Wafat, Jokowi Tunjuk Tito Jadi Menteri PAN RB Ad Interim

2. Tjahjo Kumolo wafat, Jokowi Tunjuk Tito Jadi Menteri PAN RB Ad Interim

Soal Pengganti Tjahjo Kumolo Jadi MenPAN-RB, Begini Kata MoeldokoMenteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. (dok. Puspen Kemendagri)

Diketahui, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai MenPAN-RB ad Interim.

Penunjukkan itu disampaikan melalui surat Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Surat tersebut menugaskan Tito sebagai MenPAN-RB ad Interim hingga 15 Juli 2022.

"Berdasarkan surat B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menjabat sebagai Menteri PAN-RB ad interim pada 4-15 Juli 2022," tulis surat yang ditandatangani Pratikno seperti dilihat IDN Times, Selasa (5/7/2022).

3. Jenazah Tjahjo dimakamkan di TMP Kalibata

Soal Pengganti Tjahjo Kumolo Jadi MenPAN-RB, Begini Kata MoeldokoProsesi pemakaman jenazah Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan, Kalibata pada Jumat (1/7/2022). (IDN TImes/Yosafat Diva)

Tjahjo meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022 di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta. Tjahjo meninggal karena sakit.

Di hari yang sama, jenazah Tjahjo langsung dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Lokasi makam Tjahjo berada di Blok Z.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya