Soan ke PBNU, Pangkostrad Dudung Dipanggil Kiai oleh Said Aqil

Dudung membahas seputar masalah bangsa dengan Said Aqil

Jakarta, IDN Times - Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman sowan ke kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat Selasa sore. Kunjungan Dudung ke PBNU bertepatan dengan HUT ke-76 TNI.

Saat itu, Dudung bertemu langsung dengan Ketua Umum PBNU Kiai Said Aqil Siradj. Usai pertemuan, Said mengaku merasa terhormat kantornya dikunjungi oleh Dudung. Saat menyebut nama Dudung lengkap dengan jabatan dan pangkatnya, Said berkelakar tak masalah bila di depan nama Dudung ditambahkan sebutan kiai.

"Saya atau kantor PBNU sangat mendapat kehormatan dengan kunjungan Bapak Panglima Kostrad Letjen Abdurachman, Letjen Dudung Abdurachman, atau kalau mau ditambahin kiai boleh lah," ujar Said dalam video yang diunggah di kanal YouTube NU Channel, Selasa (5/10/2021).

Mendengar hal itu, Dudung pun tertawa.

Baca Juga: MUI Kritik Ucapan Pangkostrad Dudung Soal 'Semua Agama Benar'

1. Kunjungan Dudung membahas seputar masalah bangsa

Soan ke PBNU, Pangkostrad Dudung Dipanggil Kiai oleh Said AqilPangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman sowan ke PBNU (Foto: YouTube NU Channel

Said Aqil menjelaskan, kunjungan Dudung ke kantor PBNU untuk membahas seputar masalah bangsa. Menurutnya, bila setiap elemen bangsa bisa saling melengkapi, niscaya masalah bangsa yang terjadi bisa diselesaikan dengan baik.

“Kita menawarkan Islam Nusantara, Islam santun, Islam yang moderat, TNI pun akan menyatu dengan Islam Nusantara yaitu Islam yang punya dan membawa wisdom, khas tipologi Nusantara," kata Said.

Dalam kesempatan itu, Dudung juga mengucapkan selamat Hari Santri. Dia berharap, para santri dapat turut membangun Indonesia menjadi negara yang hebat.

“Saya datang ke sini untuk mengucapkan Selamat Hari Santri, semoga Hari Santri ini membangkitkan semangat para santri unggul, mandiri, dan Indonesia hebat,” katanya.

Baca Juga: Pangkostrad: Tudingan Gatot Nurmantyo Keji Sebut TNI AD Disusupi PKI

2. PBNU gelar kick off Hari Santri Nasional 2021

Soan ke PBNU, Pangkostrad Dudung Dipanggil Kiai oleh Said AqilLogo Hari Santri 2021: Santri Siaga Jiwa Raga. (dok. Kemenag)

PBNU akan menggelar kick off Hari Santri Nasional (HSN) 2021 dengan mengusung tema "bertumbuh, berdaya, berkarya".

Ketua Rabhithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Abdul Ghaffar Rozin mengatakan, perayaan HSN 2021 yang diperingati setiap 22 Oktober masih berada dalam masa pandemik. Apalagi, kata dia, pesantren merupakan lembaga pendidikan yang dianggap rentan terhadap penularan virus COVID-19.

"Meskipun demikian, hingga saat ini pesantren mampu menghadapi dan keluar dari problem menyebarnya virus di lingkungan pesantren," ujar Ghaffar dalam acara webinar Kick Off Hari Santri Nasional secara daring, Rabu (8/9/2021).

3. Ada sejumlah kegiatan yang akan digelar di HSN 2021

Soan ke PBNU, Pangkostrad Dudung Dipanggil Kiai oleh Said AqilANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Ghaffar mengatakan, ada sejumlah kegiatan yang akan digelar dalam memperingati Hari Santri Nasional 2021. Salah satunya webinar internasional.

Berikut daftar kegiatannya:

1. Internasional webinar
2. Santri idol
3. Pekan kompetisi santri
4. Pemecahan rekor muri
5. Salawat nariyah
6. Amanat Hari Santri 2021
7. Kegiatan lain yang akan diinfokan di website dan media sosial resmi RMI NU.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya