Tagar #JokowiBikinMalu Trending usai Zelenskyy Bantah Titip Pesan

Kemenlu sayangkan muncul tagar #JokowiBikinMalu

Jakarta, IDN Times - Tagar #JokowiBikinMalu trending di Twitter. Tagar tersebut muncul  usai Presiden Ukraina,  Volodymyr Zelenskyy membantah  menitipkan pesan ke Jokowi untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Sejumlah warganet menganggap pengakuan Jokowi tersebut berbohong. Jokowi mengaku telah menyampaikan pesan dari Zelenskyy untuk Putin  melalui akun Twitternya pada 1 Juli 2022.

"Saya telah bertemu dan berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Kamis sore di Istana Kremlin. Saya telah menyampaikan pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin dan menyatakan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut," ujar Jokowi.

Baca Juga: Ukraina Respons Jokowi yang Mengaku Dititipi Pesan dari Zelenskyy

1. Kemenlu sayangkan ada tagar #JokowiBikinMalu

Tagar #JokowiBikinMalu Trending usai Zelenskyy Bantah Titip PesanJuru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah (IDN Times/Sonya Michaella)

Juru Bicaara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Teuku Faizasyah menyayangkan adanya tagar #JokowiBikinMalu. Menurutnya, inisiatif Jokowi datang ke Rusia  dan Ukraina yang  sedang berkonflik perlu diapresiasi.

"Saya rasa tidaklah patut membuat tagar serupa itu. Insiatif Presiden tersebut tetap akan dicatat sebagai yang luar biasa dan  tidak banyak kepala negara/pemerintah yang bisa melakukannya dan mau. Silakan  dilihat lagi statement Menlu terdahulu, bahwa Presiden RI tidak memilih untuk diam sekalipun mengetahui masalah yang dihadapi  sangat sulit," katanya.

Baca Juga: Bertemu Putin, Jokowi Tawarkan Jembatan Perdamaian Rusia-Ukraina

2. Ukraina Respons Jokowi yang Mengaku Dititipi Pesan dari Zelenskyy

Tagar #JokowiBikinMalu Trending usai Zelenskyy Bantah Titip PesanPresiden RI Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, juru bicara Istana Kepresidenan Ukraina, Serhii Nikiforov menepis ada pesan khusus yang dititipkan melalui Jokowi. 

"Bila Presiden Volodymyr Zelenskyy ingin menyampaikan sesuatu kepada Presiden Vladimir Putin, maka ia akan menyampaikannya di hadapan publik," ungkap Nikiforov seperti dikutip dari media lokal Ukrainska Pravda, Minggu, (3/7/2022). 

Baca Juga: Zelenskyy Titip Pesan Perdamaian untuk Putin lewat Jokowi

3. Ukraina beberkan topik pembahasan Jokowi dan Zelenskyy

Tagar #JokowiBikinMalu Trending usai Zelenskyy Bantah Titip PesanPresiden RI Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (dok. Sekretariat Presiden)

Ia mengatakan salah satu topik yang dibahas di antara kedua pemimpin soal blokade sejumlah pelabuhan di Ukraina oleh militer Rusia. Indonesia, kata Nikiforov, ikut terdampak dari sikap Rusia tersebut.

"Karena Indonesia merupakan salah satu importir paling besar gandung dari Ukraina. Rusia lah yang paling bertanggung jawab karena telah mengganggu proses ekspor ke Indonesia dan sejumlah negara lainnya di dunia. Rusia juga lah yang harus dimintai pertanggung jawabannya karena kini terjadi krisis pangan, kecuali pelabuhan-pelabuhan Ukraina segera dibuka kembali," tutur dia lagi. 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya