Tak Lagi di Kemenpora, Paskibraka Kini di Bawah Naungan BPIP

Tak ada perbedaan anggaran meski berubah naungan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah mengukuhkan 68 Paskibraka untuk upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, pada 17 Agustus 2022. Tahun ini, Paskibraka tak lagi di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Menpora Zainudin Amali, mengatakan Paskibraka kini sudah berada di bawah naungan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Mulai tahun ini persiapan untuk Paskibraka di tingkat nasional di BPIP, ada Perpresnya ya, kalau dulu di tempat kami, sekarang sudah di BPIP. Tapi, bagi kami tidak ada masalah sama saja, tetap support untuk ke daerah juga kami sudah buat daerah ke seluruh Kadispora-Kadispora di indonesia, untuk memberikan dukungan, baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi," ujar Zainudin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi Kukuhkan 68 Paskibraka 2022 di Istana Negara

1. Pelaksanaan berada di Garnisun TNI

Tak Lagi di Kemenpora, Paskibraka Kini di Bawah Naungan BPIPMenteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Zainudin mengatakan pelaksanaan latihan Paskibraka itu masih tetap berada di bawah Garnisun TNI. BPIP bersifat fasilitator.

"Saya kira sama, karena yang menangani dari Garnisun, jadi baik Kemenpora maupun BPIP hanya memfasilitasi, tapi pelatihan langsung ditangani Garnisun. Jadi, tidak ada perubahan apa-apa," kata dia.

Selain itu, kata dia, tak ada perubahan anggaran juga terkait perubahan tersebut.

"Saya kira semuanya sama, karena instansi pemerintah semuanya sama dari keuangan negara, tidak ada yang berubah-ubah," kata dia.

Baca Juga: BPIP Minta Paskibraka Amalkan Pancasila dan Sebar Konten Positif

2. Jokowi kukuhkan 68 Paskibraka 2022 di halaman Istana Negara

Tak Lagi di Kemenpora, Paskibraka Kini di Bawah Naungan BPIPPengukuhan Paskibraka 2022 di Istana Negara (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengukuhkan 68 Pasukan Paskibra di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (15/8/2022). Ke-68 Paskibraka tersebut akan bertugas pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 RI.

Upacara pengukuhan digelar di halaman depan Istana Kepresidenan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Para Paskibraka juga hadir dengan mengenakan masker sesuai protokol kesehatan.

Pengukuhan Paskibraka itu disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, acara pengukuhan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan dengan pengucapan ikrar Pemuda Indonesia.

3. Pembacaan ikrar pemuda dibacakan Kepala BPIP

Tak Lagi di Kemenpora, Paskibraka Kini di Bawah Naungan BPIPPengukuhan Paskibraka 2022 di Istana Negara (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Pembacaan ikrar itu dipimpin oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi dan diikuti oleh Paskibraka.

Untuk pengucapan ikrar, diwakili oleh satu anggota Paskibraka bernama Savina Fasha. Dia kemudian mengangkat sang Merah Putih dan meletakkan di dada kirinya sambil mengucapkan ikrar.

"Ikrar Putra Indonesia. Aku mengaku, Putra Indonesia dan berdasarkan pengakuan itu, aku mengaku bahwa aku adalah makhluk Tuhan Sang Maha Pencipta dan bersumber pada-Nya. Aku mengaku bertumpah darah satu, Tanah Air Indonesia. Aku mengaku, berbangsa satu, Bangsa Indonesia. Aku mengaku, bernegara satu, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Aku mengaku, berjiwa dan berideologi satu, jiwa dan ideologi Pancasila dan satu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Aku mengaku, bertujuan satu, masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Aku mengaku, kebhinekaan dalam kesatuan budaya bangsa. Aku mengaku, sebagai generasi penerus perjuangan besar kemerdekaan dengan akhlak dan Ihsan menurun rida Tuhan Yang Maha Esa. Berdasarkan pengakuan-pengakuan ini dan demi kehormatan kusebagai kader bangsa, aku berjanji, akan bersungg-sungg menjalankan kewajiban ku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari. Semoga tuhan yang esa memberkati niatku ini dengan taufik dan hidayahnya serta inayah-Nya," ucap Yudian diikuti oleh Paskibraka.

Setelah itu, Jokowi menyematkan lencana ke masing-masing Paskibraka. Di belakang Jokowi, ada Iriana Joko Widodo, Wapres Ma'ruf Amin dan Ibu Hj Wurry Ma'ruf menyampaikan selamat kepada Paskibraka.

68 Paskibraka itu berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Masing-masing provinsi memberikan dua perwakilan siswa SLTA-nya untuk menjadi Paskibraka di Istana Kepresidenan.

Baca Juga: Rayakan HUT RI ke-77, Tari Indonesia Tampil di Festival Rumania 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya