Comscore Tracker

Tito Jadi Menko Polhukam Ad Interim Selama Mahfud ke Luar Negeri

Mahfud MD pergi ke India

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, mengatakan dirinya saat ini ditunjuk Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai Menteri Koordinator Bidang Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Ad Interim. Hal itu karena Menko Polhukam, Mahfud MD, sedang melakukan kunjungan kerja ke luar negeri.

"Baik rekan-rekan media sekalian, jadi saya bukan sebagai Mendagri, ini selaku Ad Interim Bapak Menko Polhukam ya, sebagai koordinator karena Bapak Menko Polhukam sedang ke luar negari," ujar Tito di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Mahfud MD Didesak Laporkan Kasus Tambang yang Libatkan Polri ke Jokowi

1. Menkumham juga sedang berada di luar negeri

Tito Jadi Menko Polhukam Ad Interim Selama Mahfud ke Luar NegeriMenteri Dalam Negeri Tito Karnavian ketika memimpin rapat (ANTARA FOTO/Puspen Kemendagri)

Meski demikian, Tito tak menjelaskan berapa lama Mahfud berada di luar negeri. Selain itu, Tito juga menyampaikan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly, juga melawat ke luar negeri. 

"Pak Menkumham juga ke luar negeri, jadi saya selaku Ad Interim Menko Polhukam menjadi lead otomatis ditunjuk oleh pemerintah," kata dia.

Baca Juga: Musra Banten Relawan Jokowi: Airlangga dan Mahfud MD Terbanyak Dipilih

2. Mahfud terbang ke India

Melalui unggahan di akun Twitter, Mahfud MD menuliskan akan berkunjung ke India. Mahfud pergi ke India bersama tokoh pemuka agama dari Indonesia.

"Siap terbang ke New Delhi, India, bersama para ulama NU, Muhammadiyah, MUI, Wahdah Islamiyah serta para pejabat Eselon I Kemenko Polhukam (Deputi II) dan Kemenag (Dirjen Bimas Hindu, Kristen, Katolik) dll. Diundang National Security Advisor Mr. Ajit Doval untuk tukar pengalaman," kata Mahfud.

3. Mahfud akan tukar pengalaman mengenai pluralisme di Indonesia

Tito Jadi Menko Polhukam Ad Interim Selama Mahfud ke Luar NegeriMenteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Mahfud MD (www.instagram.com/@mahfudmd)

Mahfud mengatakan, dirinya terbang ke India untuk bertukar pengalaman mengenai pluralisme yang ada di Indonesia.

"Pada pertemuan bulan Maret lalu, saya selaku Menko Polhukam dan Ajit Doval selaku NSA India bersepakat untuk saling tukar pengalaman antara India dan Indonesia, yang rakyatnya plural dan multikultural. InsyaAllah dialog antar tokoh-tokoh agama ini akan bermanfaat bagi kedua bangsa dan negara," kata dia.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya