TNI AL Temukan Titik Tenggelam KMP Yunicee, di Kedalaman 72-78 Meter

Titik tenggelam KMP Yunicee berada di kedalaman 72-78 meter.

Jakarta, IDN Times - TNI AL bersama Basarnas dan sejumlah pihak terkait terus melakukan pencarian tenggelamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee) di perairan Selat Bali. Pada hari ketiga pencarian, Kamis 1 Juli 2021, TNI AL menemukan titik lokasi tenggelamnya KMP Yunicee.

Penemuan titik lokasi itu saat TNI AL melakukan pencarian menggunakan KRI Rigel-993. TNI AL menemukan beberapa barang di dasar laut diduga milik KMP Yunicee.

"Dalam pelaksanaan SAR dengan KRI Rigel-933 di hari ketiga ini, TNI AL menemukan beberapa barang dan lokasi titik di dasar laut dari KMP Yunicee pasca-tenggelam di Perairan Selat Bali. Pencarian ini merupakan tugas dalam pelaksanaan operasi militer selain perang (OMSP)," kata Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana dilansir ANTARA, Jumat (2/7/2021).

Titik tenggelamnya KMP Yunicee itu berada di kedalaman 72-78 meter dengan jarak sekitar 262 meter dari daratan. Menurutnya, titik tersebut berjarak 1,65 mili dari Pelabuhan Gilimanuk.

Dalam pencarian ini, TNI juga turut mengerahkan KRI Soputan-923, KRI Singa-651. Posisi seluruh KRI yang bertugas berada di perairan selatan Selat Bali.

"Posko pencarian dibagi menjadi dua tempat yaitu posko di Pelabuhan Gilimanuk Bali dan posko di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Dengan harapan korban para awak ABK dan penumpang segera ditemukan. Kami meminta dukungan dari pihak masyarakat khususnya di Bali untuk menginformasikan kepada kami, jika menemukan atau melihat sesuatu yang mungkin bagian material atau korban dari ABK KMP Yunicee," katanya.

Baca Juga: KMP Yunicee Tenggelam, BPJamsostek Siap Bayarkan Santunan bagi Korban

1. Posisi KMP Yunicee tak bergerak dari titik tenggelam

TNI AL Temukan Titik Tenggelam KMP Yunicee, di Kedalaman 72-78 MeterSuasana saat evakuasi KMP Yunicee yang tenggelam di Gilimanuk, Selasa (29/6/2021). (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Komandan KRI Rigel-933 Letkol Laut (P) Jaenal Mutakim memastikan tenggelamnya KM Yunicee tak mengganggu aktivitas jalur peyeberangan. Menurutnya, posisi KMP Yunicee tak bergerak di titik tenggelam.

"Dalam operasi SAR hari keempat (2/7) ini dengan KRI Rigel-933, TNI AL memastikan kondisi KMP Yunicee yang berada di kedalaman kurang lebih 78 meter tidak bergeser, dengan kondisi kapal posisi duduk (tidak terbalik) sama seperti awal dari pencarian awal," kata Jaenal.

Baca Juga: Puan Minta Otoritas Temukan Penyebab Pasti KMP Yunicee Tenggelam

2. Tujuh penumpang KMP Yunicee meninggal dunia

TNI AL Temukan Titik Tenggelam KMP Yunicee, di Kedalaman 72-78 MeterSejumlah penumpang selamat KMP Yunice asal Bali menjalani ritual setibanya di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Rabu (30/6/2021) dini hari. KMP Yunice yang berlayar dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk tenggelam di Selat Bali pada Selasa (29/6/2021) malam (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Berdasarkan data dari operasi SAR ini tercatat ada 76 Personel On Board (POB). 58 orang ditemukan.

Selain itu, 7 orang meninggal dunia. 18 orang lainnya masih dalam pencarian.

3. KMP Yunicee diduga terseret gelombang tinggi

TNI AL Temukan Titik Tenggelam KMP Yunicee, di Kedalaman 72-78 MeterTim SAR Gabungan mencari para penumpang KMP Yunicee yang tenggelam di Selat Bali. (Dok.IDN Times/Basarnas)

KMP Yunicee diduga terseret arus laut dan gelombang tinggi mencapai empat meter lalu tenggelam.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tanjung Wangi, Banyuwangi, Letkol Marinir Benyamin Ginting.

"Tadi kami sempat melakukan pencarian korban di laut, gelombang tinggi mencapai tiga hingga empat meter, kemungkinan ini (gelombang) yang menyeret kapal dan tenggelam," ujar Letkol Marinir Benyamin Ginting.

Baca Juga: KMP Yunicee Terseret Gelombang Tinggi, 14 Orang Masih dalam Pencarian

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya