TNI Siap Kirim Satgas Kizi Konga untuk Misi Perdamaian di Kongo

Letkol Czi Bambang Santoso ditunjuk sebagai Komandan Satgas

Jakarta, IDN Times - Mabes TNI kembali menyiapkan Satgas Kizi TNI kontingen Garuda (Konga) XX-S/Monusco. Satgas Kizi TNI ini akan bertugas sebagai pasukan perdamaian Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Berdasarkan keterangan tertulis dari Mabes TNI, Satgas Kizi akan bertugas selama satu tahun di Republik Demokratik Kongo. Satgas Kizi akan menggantikan Satgas Kizi TNI Konga XX-R/Monusco yang masa tugasnya berakhir Maret 2022.

Baca Juga: Serangan Militan Tewaskan 20 Warga Sipil di RD Kongo

1. Letkol Czi Bambang Santoso jadi komandan satgas Kizi TNI Konga XX-S/Monusco

TNI Siap Kirim Satgas Kizi Konga untuk Misi Perdamaian di KongoSatgas Kizi TNI Kontingen Garuda (Konga) XX-S/Monusco (dok. Mabes TNI)

Letkol Czi Bambang Santoso ditunjuk sebagai Komandan Satgas (Dansatgas) Kizi TNI Konga XX-S/Monusco. Bambang pernah menduduki sejumlah jabatan, mulai dari Danramil, Danton, Pasi dan Danki di Yonzipur 2/SG, Kasubdeptikzi di Pusdikzi Kodiklatad, Pasihubmedlek di Puspen TNI, Dansatdikba di Pusdikzi dan Danyon Zipur 11/DW Kodam Jaya sampai sekarang.

Satgas Kizi TNI Konga XX-S/Monusco ini beranggotakan 175 prajurit TNI. Mereka berasal dari tiga matra, yakni (149 personel TNI AD, 19 personel TNI AL dan 7 personel TNI AU.

Baca Juga: Stok Bantuan Habis, UNHCR Uganda Kewalahan Tangani Pengungsi Kongo

2. Sebelum berangkat, Satgas Kizi TNI Konga XX-S/Monusco terlebih dahulu melakukan marshalling area

TNI Siap Kirim Satgas Kizi Konga untuk Misi Perdamaian di Kongopotret perang antara MONUSCO-FARDC dan ADF di Kota Beni, Republik Demokratik Kongo (africacenter.org)

Sebelum berangkat ke Kongo, Satgas Kizi TNI Konga XX-S/Monusco terlebih dahulu melaksanakan marshalling area (MA) di PMPP TNI, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Dalam kegiatan ini, para prajurit dilatih menggambarkan tugas dan misi.

Para prajurit yang tergabung dalam satgas ini terlebih diseleksi dan lulus untuk menjadi i Peacekeepers.

Baca Juga: Fakta Penembakan Anggota TNI di Aceh, Ada Niat Bangkitkan Konflik

3. Materi latihan di marshalling area

TNI Siap Kirim Satgas Kizi Konga untuk Misi Perdamaian di KongoSatgas Kizi TNI Kontingen Garuda (Konga) XX-S/Monusco (dok. Mabes TNI)

Ada sejumlah materi yang diberikan kepada para prajurit Satgas Kizi TNI Konga XX-S/Monusco seperti core pre deployment training material (CPTM), core pre deployment training (CPDT), materi teknis, materi pendukung dan beberapa materi aplikasi yang akan dirancang khusus guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

Materi yang diberikan itu akan menajdi bekal para prajurit ketika nanti sudah berada di tempat penugasan. Materi yang diberikan juga sudah sesuai dengan standard operation procedure (SOP) dan rule of engagment (ROE).

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya