Upaya Kemendikbud Tangani Penggusuran SDN Pondok Cina 1

Rencana penggusuran SDN Pondok Cina 1 ditunda

Jakarta, IDN Times - Rencana Pemerintah Kota Depok menggusur SDN Pondok Cina 1 menuai pro-kontra. Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Chatarina Muliana Girsang, mengatakan, rencana penggusuran SDN Pondok Cina 1 itu ditunda.

"Atas nama kementerian, kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang telah menunda pemberian bantuan pembangunan rumah ibadah di lokasi SD Negeri Pondok Cina 1," ujar Chatarina dilansir dari laman resmi Kemendikbud, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga: Pemkot Depok Tunda Relokasi Murid SDN Pondok Cina 1

1. Kemendikbudristek sudah lakukan mediasi

Upaya Kemendikbud Tangani Penggusuran SDN Pondok Cina 1Petugas PUPR Kota Depok membuat tangga untuk menghubungkan trotoar Jalan Margonda menuju SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Chatarina mengaku, Kemenidkbudristek sudah melakukan mediasi dengan berbagai pihak terkait rencana penggusuran SDN Pondok Cina 1. Dari mediasi itu, Kemendikbudristek memberikan rekomendasi.

"Langkah-langkah yang telah kami ambil antara lain, meminta penjelasan atas permasalahan rencana alih fungsi lahan SDN Pondok Cina 1 kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, melakukan mediasi antara Dinas Pendidikan dan pihak sekolah, serta memberikan rekomendasi," kata dia.

Baca Juga: Kisruh SDN Pondok Cina 1, KPAI Minta Psikologis Siswa Diperhatikan

2. Hasil mediasi

Upaya Kemendikbud Tangani Penggusuran SDN Pondok Cina 1SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Chatarina mengatakan, hasil rekomendasi itu menyebutkan bahwa siswa dan guru masih bisa menggunakan SDN Pondok Cina 1. Masih bisa digunakannya SDN Pondok Cina 1 itu menunggu terbangunnya Ruang Kelas Baru (RKB) di SDN Pondok Cina 5.

SDN Pondok Cina 5 merupakan salah satu sekolah tempat relokasi guru dan siswa dari SDN Pondok Cina 1. Menurutnya, saat ini siswa juga diperkenankan untuk memilih direlokasi ke SDN Pondok Cina 5 atau SDN Pondok Cina 3.

Sebab relokasi ditunda, siswa juga masih diperkenankan untuk belajar di SDN Pondok Cina 1. Hal itu dikembalikan ke[ada para siswa sesuai dengan keinginannya belajar di mana.

"Kemendikbudristek akan terus memantau permasalahan, mengadvokasi, dan memastikan keterlaksanaan pembelajaran tetap berpihak pada peserta didik, pendidik,  dan orangtua," kata dia.

Baca Juga: Tuai Pro-Kontra, Wali Kota Depok akan Tetap Gusur SDN Pondok Cina 1

3. Pemkot Depok tunda relokasi murid SDN Pondok Cina 1

Upaya Kemendikbud Tangani Penggusuran SDN Pondok Cina 1Halaman SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sebelumnya, Pemerintah Kota Depok menunda rencana relokasi para murid SDN Pondok Cina 1 yang lokasi sekolahnya akan dibangun masjid. Penundaan tersebut dilakukan setelah Pemkot Depok bertemu rombongan perwakilan sejumlah kementerian di Balai Kota Depok beberapa waktu lalu.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan, Pemkot Depok sebelumnya telah bertemu dengan perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Itjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Ombudsman RI, Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya, dan kementerian/lembaga terkait.

Selain itu, Pemkot Depok juga telah mencermati surat Gubernur Jawa Barat pada 12 Desember 2022 dan kondisi dinamis yang berkembang tentang SDN Pondok Cina 1.

"Hal ini demi kemaslahatan semua, kami sampaikan kebijakan penyelesaian masalah relokasi SDN Pondok Cina 1 dan pembangunan masjid di Jalan Margonda Raya," ujar Idris kepada wartawan melalui press release, Rabu (14/12/2022). 

Baca Juga: SDN Pondok Cina 1 Direlokasi, Pemkot Depok Klaim Hak Murid Terpenuhi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya