Usai dari Papua, Jokowi Bertolak ke Maluku untuk Bagikan BLT BBM

Jokowi akan melanjutkan ke Lampung di hari yang sama

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hari ini, Jumat (2/9/2022) berada di Maluku. Kunjungan kerja ke Maluku itu merupakan lanjutan agenda yang dilakukan Jokowi usai dari Papua.

Jokowi terbang dari Bandar Udara Internasional Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika pada Kamis (1/9/2022) sekitar pukul 17.35 WIT untuk terbang ke Maluku.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, ada sederet agenda Jokowi di Maluku. Salah satunya membagikan bantuan langsung tunai (BLT) BBM.

Baca Juga: Bangun Papua Football Academy, Jokowi Apresiasi Freeport Indonesia

1. Serahkan bansos ke pedagang pasar

Usai dari Papua, Jokowi Bertolak ke Maluku untuk Bagikan BLT BBMJokowi bagi-bagi amplop di Pasar Cibinong Bogor, Jawa barat, Selasa (17 Mei 2022) (dok. Sekretariat Presiden)

Agenda pertama, Jokowi akan memberikan bantuan sosial ke pedagang dan penerima manfaat di Pasar Olilit Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. Bansos yang diberikan Jokowi berupa bantuan modal kerja (BMK), BLT dan BLT BBM.

Setelahnya, Presiden diagendakan untuk meninjau optimalisasi sistem penyediaan air minum (SPAM) Wermomolin di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Baca Juga: Jokowi Sempatkan Main Bola Bareng Talenta Muda di Papua

2. Jokowi terbang ke Lampung sore harinya

Usai dari Papua, Jokowi Bertolak ke Maluku untuk Bagikan BLT BBMPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Maluku (dok. Sekretariat Presiden)

Sore harinya, Jokowi bersama Iriana diagendakan terbang menggunakan Pesawat Khusus RJ-85 menuju Kota Ambon, Provinsi Maluku. Setelah itu, Jokowi menuju ke Bandara Internasional Pattiumura menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 menuju ke Lampung.

Dalam kunjungan kerja itu, Jokowi didampingi Ibu Iriana Joko Widodo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

3. Jokowi luncurkan 5G smart mining di PT Freeport

Usai dari Papua, Jokowi Bertolak ke Maluku untuk Bagikan BLT BBMPresiden Jokowi berkunjung ke Grasberg PT Freeport Indonesia (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, salah satu agenda Jokowi di Papua, yakni meluncurkan penerapan 5G smart mining di PT Freeport Indonesia. Jokowi mengatakan, teknologi itu merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

"Hari ni kita buktikan, bahwa kita telah bergerak lebih maju dengan menerapkan 5G smart mining pertama di Asia Tenggara oleh PT Freeport Indonesia, yang didukung PT Telkomsel dalam rangka untuk mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh serta meningkatkan keselamatan kerja serta untuk produktivitas pertambangan PT Freeport Indonesia," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam sambutannya, Jokowi mengaku senang hampir semua operator yang mengendalikan robot tambang di PT Freeport Indonesia merupakan anak bangsa.

"Saya sangat gembira, tambang bawah tanah yang sangat sulit medannya dan dikendalikan dari jarak jauh tadi saya sudah melihat secara langsung yang saya senang 99 persen dari total karyawan yang tadi mengendalikan, mengoperasionalkan itu asli Indonesia, khususnya dari tanah Papua," ucap dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan, robot-robot tambang bawah tanah itu dikendalikan jarak jauh. Sehingga, mencegah dan meminimalisir kecelakaan kerja.

Baca Juga: Ridwan Kamil Cawapres Pilihan Projo karena Dekat dengan Jokowi

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya