Comscore Tracker

Usai Jadi Wali Nikah, Jokowi Beri Bansos ke Seniman di Surakarta

Jokowi juga bagikan bansos ke pedagang pasar

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo usai menjadi wali nikah di pernikahan adiknya, Idayati dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Usman Anwar langsung menemui warga Surakarta, Jawa Tengah. Jokowi mengunjungi Taman Balekambang, Surakarta untuk menemui sejumlah seniman.

"Sudah dua tahun ini vakum tidak ada kegiatan dan saya harapkan setelah pandemi bisa kita kendalikan, kita harapkan aktivitas itu bisa dimulai lagi. Seni tradisi, seniman rakyat, wayang orang, reog, ketoprak, semuanya harus hidup kembali dalam rangka merawat, memelihara seni budaya kita,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga: Sah! Ketua MK Nikahi Adik Presiden, Jokowi Jadi Walinya

1. Taman Balekambang bisa digunakan sebagai tempat pertunjukan seni dan kebudayaan

Usai Jadi Wali Nikah, Jokowi Beri Bansos ke Seniman di SurakartaPresiden Jokowi bagikan bansos ke seniman di Taman Balekambang, Surakarta (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan, Taman Balekambang yang telah direvitalisasi ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat pertunjukan seni dan kebudayaan.

“Semua yang berkaitan dengan kebudayaan, seni budaya, pemerintah pusat akan mendorong, di mana pun,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi turut memberikan bantuan sosial (bansos) kepada para seniman. Bansos itu diberikan Jokowi menggunakan amplop berwarna putih.

Baca Juga: Foto-foto Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK di Pelaminan

2. Jokowi juga bagikan bansos untuk pedagang pasar di Surakarta

Usai Jadi Wali Nikah, Jokowi Beri Bansos ke Seniman di SurakartaPresiden Jokowi bagikan bansos di sejumlah pasar di Surakarta (dok. Sekretariat Presiden)

Selain itu, Jokowi juga menyempatkan mengunjungi sejumlah pasar di Surakarta. Mulai dari Pasar Mojosongo, Pasar Gede, Pasar Gading, hingga Pasar Harjodaksino.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memberikan bantuan sosial kepada para pedagang.

"Bantuan untuk pedagang, UMKM, untuk PKL di Pasar Mojosongo, Pasar Gede, Pasar Gading, dan juga Pasar Harjodaksino, dan juga untuk para seniman. Dan juga ada tambahan modal untuk mendorong ekonomi pulih kembali," kata Jokowi di Pasar Mojosongo.

3. Para pedagang berterima kasih diberi bansos

Usai Jadi Wali Nikah, Jokowi Beri Bansos ke Seniman di SurakartaPresiden Jokowi bagikan bansos di sejumlah pasar di Surakarta (dok. Sekretariat Presiden)

Para pedagang mengaku senang mendapat bansos dari Jokowi. Salah satu pedagang bernama Rubina mengaku uang bansos yang didapatnya akan digunakan untuk membayar kontrakan.

"Matur nuwun, terima kasih. Bantuannya buat nambah dagangan, nambah (bayar) kontrakan, terus menutupi kebutuhan keluarga sehari-hari. Matur nuwun sanget," ujar Rubina.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya