Viral Amplop Gambar Politikus PDIP Dibagikan di Masjid, untuk Zakat? 

Amplop itu dibagikan oleh Ketua Banggar DPR, Said Abdullah

Jakarta, IDN Times - Sebuah video bagi-bagi amplop di masjid viral di media sosial. Amplop tersebut terlihat berwarna merah dan bergambar politikus PDI Perjuangan, Said Abdullah.

Ada juga warga yang mengunggah isi amplop tersebut. Amplop itu berisi uang Rp300 ribu.

Baca Juga: Video Jet Pribadi Said Abdullah Viral, Ini Laporan Hartanya

1. Said Abdullah buka suara

Viral Amplop Gambar Politikus PDIP Dibagikan di Masjid, untuk Zakat? Ketua Banggar DPR, Said Abdullah di Gedung DPR/MPR Jakarta, Kamis (30/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Said yang menjabat sebagai Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI itu mengakui membagikan uang. Dia menyebut, uang tersebut sebagai paket sembako yang diberikan untuk masyarakat miskin di daerah pemilihannya (dapil).

"Bantuan 175 ribu paket sembako ini jelas masih kurang jumlahnya jika dibandingkan dengan jumlah rumah tangga miskin se-Madura. Pada kesempatan ini saya juga perlu menjelaskan ke media massa, seperti di framing oleh sebuah akun anonim di media sosial, kami membagikan uang ke warga Madura," ujar Said dalam keterangannya yang diterima IDN Times, Senin (27/3/2023).

"Saya bersama para pengurus cabang PDI Perjuangan se-Madura memang rutin membagikan sembako dan uang kepada warga fakir miskin. Uang itu saya niatkan sebagai zakat mal dan hal itu rutin saya lakukan setiap tahun sejak 2006 lalu. Bahkan jika ada rezeki berlebih, malah ingin rasanya kami berzakat lebih banyak menjangkau kaum fakir miskin” terang sambungnya.

Baca Juga: Jadi Plt Ketua PDIP Jatim, Ini Rekam Jejak MH Said Abdullah

2. Bantah lakukan politik uang

Viral Amplop Gambar Politikus PDIP Dibagikan di Masjid, untuk Zakat? Ketua Banggar DPR RI, Said Abdullah (dok. IDN Times/Istimewa)

Meski demikian, Said membantah melakukan politik uang. Said menyebut setiap reses biasa membagikan uang dan bantuan lainnya untuk masyarakat.

“Jadi kalau itu dikesankan money politic tentu salah alamat. Saya perlu sampaikan seterang terangnya, setiap reses saya menerima uang reses selaku anggota DPR. Uang itu saya bagikan sepenuhnya ke rakyat dalam bentuk bantuan sembako, dan itu bagian dari akuntabilitas publik yang harus saya lakukan, sehingga saya kabarkan ke media juga. Diluar itu saya ini muslim, saya diwajibkan untuk zakat. Maka saya menunaikan zakat itu bersama kader kader PDI Perjuangan se-Madura," kata dia.

Said juga menjelaskan alasan amplop tersebut terdapat logo PDI Perjuangan.

"Kenapa ada logo PDI Perjuangan? Sebab sebagian kader bergotong royong, dan itu juga diniatkan zakat mal. Kegiatan ini dibarengkan dengan pembagian sembako," kata dia.

Baca Juga: Video Jet Pribadi Said Abdullah Viral, Ini Laporan Hartanya

3. Said minta tak ada penggiringan opini

Viral Amplop Gambar Politikus PDIP Dibagikan di Masjid, untuk Zakat? Ketua Banggar DPR, Said Abdullah di Gedung DPR/MPR Jakarta, Kamis (30/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Lebih lanjut, Said meminta tak ada penggiringan opini. Terlebih, dia dianggap sudah melakukan kampanye.

Menurutnya, saat ini pendaftaran calon legislatif (caleg) 2024 belum dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU). Oleh karenanya, dia membantah melakukan kampanye dan politik uang.

"Atas kelakukan akun anonymous tersebut, yang menggiring seolah kegiatan yang kami lakukan melanggar hukum, kami akan mempertimbangkan langkah hukum terhadap akun yang tidak bertanggungjawab, bersembunyi dibalik anonimitas, tetapi melempar kotoran kepada orang lain. Ini bulan puasa, harusnya saling memberi berkah kepada sesama bukan menebar fitnah," imbuhnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya