Viral Kapolda Metro Telepon Meski Dilarang Jokowi Bawa HP ke Istana

Kapolda dan kapolres se-Indonesia dipanggil Jokowi ke Istana

Jakarta, IDN Times - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran viral di media sosial lantaran terekam menerima telepon di Istana Negara. Kala itu, Fadil sedang menghadiri pengarahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk Kapolri, kapolda dan kapolres se-Indonesia, pada Jumat (14/10/2022).

Dalam pengarahan itu, seluruh perwira tinggi dan menengah Polri dilarang membawa handphone (HP) dan tongkat komando. Namun, dalam video yang beredar, Fadil terekam sedang menerima telepon.

Dalam video itu, seorang protokoler mendekati Fadil dan menyerahkan HP. Fadil kemudian langsung menerima HP tersebut dan melakukan komunikasi dengan gawai tersebut.

Baca Juga: Kritisi Visi Polri Presisi, Jokowi: Jangan Ngejelimet, Sederhanakan!

1. Istana beri penjelasan

Viral Kapolda Metro Telepon Meski Dilarang Jokowi Bawa HP ke IstanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Negara, Bey Machmudin, mengatakan Fadil kala itu harus menerima telepon penting. Menurutnya, protokol terlebih dahulu ke pihak Istana untuk menyerahkan telepon ke Fadil.

"Jadi, pertama stafnya Pak Fadil harus melaporkan hal yang penting, kemudian nelepon ke salah satu staf protokol Istana untuk berbicara dengan Pak Fadil," ujar Bey kepada wartawan, Minggu (16/10/2022).

"Karena acara belum mulai, handphonenya protokol itu dikasih ke Pak Fadil. Tapi setelah itu juga diambil lagi," sambungnya.

Baca Juga: Harta Kakorlantas Polri Firman Shantyabudi Rp11 M, Ada Tanah dan Mobil

2. Kapolri dan pejabat utama Polri dilarang memakai penutup kepala dan tongkat

Viral Kapolda Metro Telepon Meski Dilarang Jokowi Bawa HP ke IstanaIlustrasi Gedung Mabes Polri (polri.go.id)

Sebelumnya, pemanggilan Kapolri dan jajaran berlangsung pukul 14.00 WIB di Istana Negara, Jakarta Pusat. Mereka yang dipanggil selain Kapolri adalah pejabat utama Mabes Polri, kapolda, dan kapolres seluruh Indonesia.

“Pakaian PDL tanpa tutup kepala dan tanpa tongkat,” tulis surat Telegram.

Mereka yang dipanggil Presiden juga dilarang membawa ADC dan handphone, dan hanya diperkenankan membawa buku dan pulpen.

3. Perwira Polri bintang dua ke bawah akan menggunakan bus ke Istana

Viral Kapolda Metro Telepon Meski Dilarang Jokowi Bawa HP ke IstanaIstana Merdeka jelang pelantikan menteri Jokowi-Ma'ruf (IDN Times)

Dalam Telegram itu, juga mengingatkan tentang lahan parkir yang terbatas di Istana. Sehingga para pejabat Polri dibatasi membawa kendaraan. Misalnya, perwira bintang tiga ke atas dapat memasuki Istana melalui pintu 1 Jalan Veteran.

“Untuk pati bintang dua ke bawah disiapkan kendaraan bus dengan titik kumpul di PTIK pukul 10.00 WIB,” tulis surat Telegram.

Peserta yang hadir pun diutus untuk melakukan PCR terlebih dahulu yang difasilitasi Pusdokes Polri. Personel polisi yang hadir juga salat Jumat di Gedung Krida Bhakti, Sekretariat Negara.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya