Comscore Tracker

Wafat dan Sakit Berat, 51 Jemaah Haji RI Dibadalhajikan

Ada juga 136 jemaah haji yang disafariwukufkan

Jakarta , IDN Times - Jemaah haji dari seluruh dunia hari ini melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Namun, tak semua jemaah haji asal Indonesia yang mendapat porsi keberangkatan haji tahun ini bisa melaksanakan wukuf.

Hal itu karena ada yang meninggal dunia, sakit keras. Kementerian Agama (Kemenag) RI membadalhajikan 51 orang.

"Sesuai komitmen pemerintah, semua jemaah haji yang berhalangan, harus dibadalhajikan atau disafariwukufkan," ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas di Arafah melalui keterangan tertulis, Jumat (8/7/2022).

Baca Juga: Jemaah Haji Wukuf di Arafah, Ini Doa yang Bisa Dilafalkan

1. Ada 136 jemaah disafariwukufkan

Wafat dan Sakit Berat, 51 Jemaah Haji RI DibadalhajikanMenag Yaqut tinjau tenda di Arafah untuk jemaah haji Indonesia (dok. Kemenag)

Kepala Bidang Bimbingan Ibadah Haji, Alam Agoga Hasibuan mengatakan, 51 jemaah yang dibadalhajikan, 29 di antaranya wafat, 22 lainnya karena sakit berat. Mereka yang sakit berat ada 10 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia, dan 12 dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi.

Sementara itu, ada 136 jemaah haji yang disafariwukufkan.

"Untuk jemaah safari wukuf, sebanyak 31 jemaah disafariwukufkan dengan berbaring di bus, 104 jemaah dengan posisi duduk di bus, dan ada 1 jemaah yang disafariwukufkan oleh pihak Rumah Sakit Arab Saudi," kata Alam.

Baca Juga: Doa Ketika Wukuf di Arafah, Wajib Dibaca agar Ibadah Hajimu Lengkap!

2. Ada 10 bus dan 1 bus cadangan yang digunakan untuk safariwukuf

Wafat dan Sakit Berat, 51 Jemaah Haji RI DibadalhajikanMenag Yaqut tinjau tenda di Arafah untuk jemaah haji Indonesia (dok. Kemenag)

Alam menerangkan, Kemenag menggunakan 10 bus dan 1 bus cadangan untuk safariwukuf. Masing-masing bus ada seorang khatib dan dua pembimbing.

"Nantinya di bus akan dilakukan proses safari wukuf, mulai dari khutbah wukuf hingga salat jamak qashar Zuhur dan Asar, serta talbiyah, zikir, dan doa," ucap dia.

Baca Juga: Jemaah Haji Wukuf di Arafah, Ini Doa yang Bisa Dilafalkan

3. Ada 30 tim safari wukuf untuk membantu jemaah

Wafat dan Sakit Berat, 51 Jemaah Haji RI Dibadalhajikankemenag.go.id/Fikri

Kasi Bimbingan Ibadah Haji Daker Makkah, Anshor mengatakan ada 30 tim safari wukuf yang diternjunkan untuk membantu jemaah. Mereka bertugas untuk membantu jemaah membimbing niat thaharah/bersuci jemaah, termasuk tayammum.

"Tim KKHI juga membantu jemaah mengenakan pakaian ihram, baik untuk laki laki atau perempuan," ujar Anshor.

Para petugas itu juga turut membimbing para jemaah yang telah lanjut usia untuk memperbanyak talbiyah, zikir dan doa selama berada di Arafah.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya