Wapres Ma'ruf Amin Usul Ongkos Haji Dinaikkan

Subsidi biaya haji sebesar 60 persen

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin mengusulkan ongkos naik haji (ONH) untuk dinaikkan. Hal itu disampaikan Ma'ruf Amin saat menerima kunjungan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) hari ini, Senin (15/8/2022).

"Bahwa orang berhaji saat ini membayar itu sekitaran Rp40 juta, tetapi biaya haji secara total itu sekitar Rp100 juta rupiah, jadi ada 60 persen dana yang disubsidi, subsidi itu bukan dari APBN, tapi dari dana yang dikembangkan oleh BPKH itu," ujar Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi dalam keterangannya.

Menurutnya, dana haji yang dikembangkan BPKH saat ini sebesar 71 persen. Nilai manfaatnya kemudian diberikan untuk melakukan subsidi haji.

Baca Juga: Ini Perbedaan Tarif dan Layanan Mewah Haji Furoda dan Haji Plus 

1. Perlu ada kenaikan ongkos naik haji agar BPKH terus hidup

Wapres Ma'ruf Amin Usul Ongkos Haji DinaikkanIlustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Masduki menjelaskan, dalam pertemuan itu Wapres menyampaikan perlu ada kenaikan ongkos naik haji agar BPKH terus hidup. Sehingga, pengelolaan dana haji di BPKH bisa aman.

"Harapan Wapres yang paling pokok itu bagaimana ke depan supaya dana haji itu sustain, bagaimana dana haji itu jangan sampai terjadi ancaman skema ponzi. Apa skema ponzi itu, gali lubang tutup lubang, ini berbahaya sekali, dan itulah sebabnya harus dicari cara, salah satu caranya itu memang mau tidak mau ya yang namanya ongkos haji, ONH itu mesti dinaikkan," kata dia

Baca Juga: Menag: Ada 89 Jemaah Indonesia Wafat di Pelaksanaan Haji 2022

2. Menaikkan ONH perlu adanya perubahan regulasi

Wapres Ma'ruf Amin Usul Ongkos Haji DinaikkanIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski demikian, menaikkan ONH perlu adanya perubahan regulasi. Menurut Ma'ruf, orang berhaji adalah salah satunya mampu dalam biaya.

"Jadi, orang haji itu harus orang yang kuat membayar, lah kalau disubsidi yang subsidinya sampai 60 persen, itu bukan orang yang kuat bayar tapi malah justru kuat tapi disubsidi, itu yang menjadi perhatian Wapres. Jadi, kenaikan ONH saya kira mutlak diperlukan ke depan," kata Masduki.

3. Bila ONH naik, pelayanan juga harus semakin baik

Wapres Ma'ruf Amin Usul Ongkos Haji DinaikkanSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Lebih lanjut, Masduki mengatakan, Wapres juga meminta pelayanan untuk jemaah juga harus semakin baik apabila ONH dinaikkan. Menurutnya, hal itu mutlak harus dilakukan.

"Wapres berharap, yang terpenting juga tidak hanya ONH-nya dinaikkan, tapi harus penyelenggaraan manajemen haji lebih efisien dari yang tahun-tahun selama ini ke depannya harus lebih efisien, karena Wapres juga mendapatkan laporan pelaksanaan haji manajemennya itu bagus, tetapi over budget dan over service," kata dia.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya