Warga Bisa Ikut Upacara HUT ke-77 RI, Begini Cara Daftarnya!

Warga bisa daftar di laman pandang.istanapresiden.go.id

Jakarta, IDN Times - Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan, masyarakat akan diundang untuk mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Meskipun demikian, jumlahnya akan dibatasi. Masyarakat diundang menyusul Istana Kepresidenan pada perayaan 17 Agustus kali ini akan menggelar upacara dengan kapasitas penuh.

"Kami mengundang masyarakat terbatas, kurang lebih 1.000 sampai 2 ribu. Sebanyak 2 ribu kurang lebih pada pagi hari dan sampai 3 ribu pada sore hari," ujar Heru dalam konferensi pers virtual, Senin (1/8/2022).

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti upacara tersebut, bisa mendaftar melalui laman pandang.istanapresiden.go.id. Adapun sistem tersebut akan segera diluncurkan.

Baca Juga: Istana Umumkan Tema HUT 77 RI: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

1. Mantan Presiden dan Wakil Presiden juga akan diundang

Warga Bisa Ikut Upacara HUT ke-77 RI, Begini Cara Daftarnya!Momen saat anggota Paskibraka menerima Bendera Pusaka Merah Putih dari Presiden RI Joko Widodo untuk dikibarkan dalam pelaksanaan upacara peringatan HUT Ke-76 RI di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (17/8) yang disiarkan secara langsung oleh kanal TV inhouse IndiHome, SEA Today. (Dok. Telkom)

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengatakan, Presiden dan Wakil Presiden juga akan diundang dalam upacara peringatan HUT ke-77 RI kali ini.

Meski demikian, Istana Kepresidenan mempersilakan apabila mantan Presiden dan Wakil Presiden tidak hadir. Hal tersebut dikarenakan masih dalam masa pandemik COVID-19.

"Tentunya kami semua undang untuk hadir di Istana. Akan tetapi, karena dalam pandemik ini, kami juga membuka ruang untuk hadir secara online," kata dia.

Acara upacara peringatan HUT ke-77 RI itu juga akan diisi dengan hiburan, seperti musik, tarian dan lagu-lagu.

Baca Juga: Istana Gelar Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia Full Kapasitas 

2. Pasukan pengibar bendera juga dilakukan dengan full pasukan

Warga Bisa Ikut Upacara HUT ke-77 RI, Begini Cara Daftarnya!Tim Indonesia Tumbuh, Paskibraka yang bertugas menurunkan Bendera Merah Putih saat Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka pada Selasa (17/8/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Heru mengatakan, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) juga akan dikerahkan secara full team.

Dengan begitu, tim dari Paskibraka pun tidak ada batasan lagi seperti pada tahun 2021.

"Pasukan pengibar itu full, termasuk para peserta upacara," kata Heru.

3. Tema HUT ke-77 RI

Warga Bisa Ikut Upacara HUT ke-77 RI, Begini Cara Daftarnya!Logo HUT ke-77 Republik Indonesia (dok. Sekretariat Negara)

Heru mengatakan, tema HUT ke-77 RI kali ini adalah "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Menurutnya, tema itu dipilih karena Indonesia dianggap telah melewati fase sulit pandemik COVID-19. Adapun rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-77 RI sudah dimulai sejak 1 Agustus 2022.

Baca Juga: HUT ke-77 RI, Kemendagri-Pemda Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya