Comscore Tracker

Wilayah Luar Jawa-Bali Siap Perpanjang PPKM Level 4

Sejumlah wilayah itu mengaku siap memperpanjang PPKM Level 4

Jakarta, IDN Times - Sejumlah wilayah di luar Jawa-Bali dikabarkan siap memperpanjang PPKM level 4. Hal itu dilakukan karena di wilayahnya masih terjadi peningkatan kasus COVID-19 yang masing tinggi.

Salah satunya di Sumatra Selatan (Sumsel). Gubernur Sumsel, Herman Deru menjelaskan ada 4 wilayah yang akan memperpanjang PPKM level empat, yakni Palembang, Lubuklinggau, Musi Banyuasin, dan Musi Rawas.

"Kasus COVID-19 di sana tinggi diduga akibat ditemukannya penyebaran COVID-19 varian Delta," kata Herman, seperti dilansir ANTARA, Sabtu (24/7/2021).

1. Ada dua kasus varian delta di Sumsel

Wilayah Luar Jawa-Bali Siap Perpanjang PPKM Level 4Ilustrasi Virus Corona. (IDN Times/Aditya Pratama)

Hermawan menjelaskan, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, dalam satu bulan terakhir ada dua kasus COVID-19 varian delta di Sumsel. Pertama di Palembang dan ditemukan pula di Musi Banyuasin.

Karena itu, Pemprov Sumsel siap memperpanjang PPKM level 4. Hal itu untuk mencegah penyebaran varian delta. Meski demikian, Hermawan mengaku masih belum mengetahui PPKM level 4 ini akan diperpanjang atau tidak.

Baca Juga: Kemnaker Kumpulkan Kadisnaker Daerah PPKM Level 3 dan 4

2. Kepulauan Riau siap perpanjang PPKM

Wilayah Luar Jawa-Bali Siap Perpanjang PPKM Level 4PPKM Darurat di Kota Medan, Sumatra Utara (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Selain itu, Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad juga mengaku siap memperpanjang PPKM level. Perpanjangan PPKM level 4 dari 26 Juli-8 Agustus 2021.

"Kami mendukung dilanjutkan pelaksanaan PPKM level empat karena penerapan PPKM beberapa waktu sebelumnya, meskipun menurunkan angka COVID-19 sampai 30 persen di Kepri, tapi masih berfluktuasi," kata Ansar.

3. Pemprov Kepulauan Bangka mulai salurkan bansos besok

Wilayah Luar Jawa-Bali Siap Perpanjang PPKM Level 4Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Kemudian, Pemprov Kepulauan Bangka juga siap memperpanjang PPKM level 4. Pemprov Kepulauan Bangka juga akan menyalurkan bansos pada Senin, 26 Juli 2021.

"Kami berharap bansos beras dapat membantu keluarga penerima bantuan selama penerapan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat)," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan.

Tercatat, ada 24.272 keluarga penerima manfaar, 29.816 keluarga penerima bantuan sosial tunai dan 26.403 keluarga penerima bantuan pangan non-tunai.

4. Perpanjangan PPKM Level 4 di Palu akan dibarengi dengan pengetatan aturan

Wilayah Luar Jawa-Bali Siap Perpanjang PPKM Level 4Seorang pekerja mengangkat air galon saat pemberlakuan PPKM di kawasan Blok M Jakarta, Rabu (21/7/2021) (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah juga mengaku siap memperpanjang PPKM level 4. Perpanjangan itu akan dibarengi dengan pengetatan aturan.

"Bagi pasar modern atau mal sebelumnya jam operasional diatur sampai pukul 21.00 Wita, namun perpanjangan PPKM ini lebih diperketat dan dibatasi jam operasional hingga pukul 17.00 Wita," kata Wali Kota Palu Hadianto Rasyid.

Hadianto menegaskan, jumlah pengunjung di pusat perbelanjaan selama masa PPKM level 4 maksimal 30 persen. Kapasitas rumah ibadah 50 persen.

Untuk rumah makan, kafe diizinkan untuk buka sampai pukul 18.00 Wita dan tidak boleh makan di tempat. Untuk layanan pesan antar diperbolehkan hingga pukul 21.00 Wita.

"Pemantauan di tempat-tempat usaha tetap dilakukan melalui operasi yustisi dilaksanakan oleh tim yang sudah dibentuk sebelumnya," ujar Hadianto.

Baca Juga: Polisi: Pengamanan PPKM Level 4 dengan PPKM Darurat Sama

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya