Berduka, Ganjar Siap Bantu Evakuasi Korban Hanyut SMP Negeri 1 Turi

Ganjar ingatkan masyarakat hitung risiko berpetualang

Jakarta, IDN TIMES - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo turut berbelasungkawa atas peristiwa yang dialami siswa SMP Negeri 1 Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

"Saya turut berduka cita atas peristiwa hanyutnya siswa SMPN 1 Turi ketika mengikuti susur sungai, sampai malam ini saya ikuti perkembangannya, beberapa teman juga terus memberikan laporan," kata Ganjar seperti dikutip dari Antara, Sabtu (22/2). 

Sebelumnya, pada Jumat (21/2) kemarin, ratusan siswa SMP Negeri 1 Turi Sleman mengikuti kegiatan Pramuka menyusuri Sungai Sempor. Dari jumlah itu, enam siswa tewas karena terseret arus sungai yang deras.

Baca Juga: Kronologi Tragedi Susur Sungai yang Tewaskan 6 Siswa SMP N 1 Turi

1. Ganjar siap membantu proses evakuasi dan pencarian korban

Berduka, Ganjar Siap Bantu Evakuasi Korban Hanyut SMP Negeri 1 TuriPencarian korban susur sungai .Twitter/PoldaJogja

Ganjar mengatakan, pihaknya siap membantu proses evakuasi dan mencari korban yang masih belum ditemukan. Lebih lanjut, Ganjar mengungkapkan, sudah menghubungi Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng untuk berkoordinasi dengan jajaran BPBD Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Kami siap bantu melakukan pencarian dan sebagainya apabila dibutuhkan, meskipun kami yakin BPBD DIY sudah memiliki tim yang sangat bagus, tapi kami siap membantu apabila dibutuhkan," kata Ganjar.

Baca Juga: 6 Siswa SMP 1 Turi Tewas, Sultan Larang Warga Aktivitas di Sungai

2. Ganjar imbau masyarakat berhati-hati dalam kondisi cuaca ekstrem saat ini

Berduka, Ganjar Siap Bantu Evakuasi Korban Hanyut SMP Negeri 1 TuriIDN Times/Aji

Dengan kondisi cuaca yang ekstrem dan tidak dapat diprediksi seperti saat ini, Ganjar mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan di alam bebas.

"Hati-hati betul karena cuaca seperti ini. Para pembina Pramuka, guru dan lainnya, harus menghitung persis kondisi alam apabila mau melakukan kegiatan petualangan," imbau politikus PDI Perjuangan itu.

3. Ganjar imbau segala kegiatan membahayakan saat kondisi cuaca ekstrem sebaiknya ditunda

Berduka, Ganjar Siap Bantu Evakuasi Korban Hanyut SMP Negeri 1 TuriIDN Times/Aji

Ganjar menyampaikan pentingnya memahami dan menghitung besarnya risiko bertualang di alam. Terlebih lagi dengan kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini, agar tidak terjadi kejadian serupa di kemudian hari.

"Mungkin itu penting untuk belajar bagaimana hidup di alam, tapi kalau kondisinya membahayakan, lebih baik ditunda. Atau kalau memang harus dilakukan, harus dihitung betul dan dikawal oleh mereka-mereka yang ahli yang mengerti potensi yang membahayakan," tutupnya.

Baca Juga: Kronologi Tragedi Susur Sungai yang Tewaskan 6 Siswa SMP N 1 Turi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya