Comscore Tracker

IMS 2020: Darahkubiru, Forum Kaskus yang Jadi Komunitas Denim Terbesar

Rutin gelar event denim terbesar di Indonesia #IMS2020

Jakarta, IDN Times - Bermula dari forum komunitas denim di kaskus, Panca Hidayat bersama Respati Hafidz Budi akhirnya membuat Darahkubiru.com dan kini menjadi komunitas online denim terbesar di Indonesia. Darahkubiru merupakan majalah online yang membicarakan hal berbau denim dan lifestyle.

Dalam Sesi "Define Your Business: How To Be Powerful and Engaging with Your Market" di acara Indonesia Millenial Summit 2020 by IDN Media. Panca Hidayat menjadi pembicara di panggung "Talent Trifecta" by IDN Times, pada Jumat, (17/1) di Gedung Tribrata, Jakarta.

Pada 2009, Darahkubiru.com berjalan tak hanya sebagai komunitas online denim, tetapi juga komunitas offline pun tetap ikut berjalan beriringan. Tak hanya berupa komunitas, Darahkubiru juga membuat acara denim exhibition dan ada pula bazarnya.

"Pada 2009 kita sok-sokan bikin acara kecil, nama acaranya Denim Exhibiton sama ada bazarnya lah kecil," ucap Panca Hidayat salah satu Founder sekaligus ketua Darahkubiru.

"Tadinya kita cuman mikir paling yang dateng anak-anak komunitaslah sekitar 500 orang. Nah,kita cuman kirim poster yang model-modelannya kaya poster yang dipasang sejam kemudian dicabut sama satpol PP. Ternyata yang datang sampai sekitar 2000 orang," sambung Panca.

Dari hanya forum di kaskus yang berubah menjadi komunitas online, akhirnya muncul juga beberapa event denim seperti Wall Of Fades dan Indonesian Denim Contest. Hingga sekarang Darahkubiru memberikan fasilitas terbaik dan menjadi wadah bagi komunitas INDIGO (Indonesian Denim Group).

Sampai saat ini, Darahkubiru terus mengembangkan komunitas online denim dan menjadi yang terbesar di Indonesia. Dengan Wall of Fades sebagai sebuah ajang tahunan berupa pameran denim terbesar di Indonesia.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2020. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times. 

https://www.youtube.com/embed/H0RkJDNJasA

Baca Juga: IMS 2020: Bangun Darahkubiru, Ini Perjalanan Karier Panca Hidayat

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya