UN Dibawa Asyik Aja! Ini 5 Tip Agar Kamu Santai Hadapi Ujian

Kamu harus siapkan strategi guys

Jakarta, IDN Times - Banyak anggapan Ujian Nasional (UN) membuat siswa stres, karena mereka terbebani banyak waktu untuk belajar. Nah, buat kamu yang akan menghadapi UN sebaiknya jangan stres, tapi dibawa asyik aja.

Anggap UN sebagai ujian harian agar lebih rileks, karena kamu akan lebih sulit mengerjakan soal-soal UN jika kamu panik. Memang nilai UN berpengaruh untuk masuk ke SMP atau SMA pilihan kamu, namun ada nilai yang lebih penting, yaitu kejujuran dan percaya diri menghadapi UN.

Berikut beberapa tip dari Muhammad Imam Birawa, eks siswa SMA Negeri 13 Jakarta, agar kamu bisa menghadapi UN tanpa cemas dan stres.

1. Minta doa, restu, dan dukungan orang tua

UN Dibawa Asyik Aja! Ini 5 Tip Agar Kamu Santai Hadapi UjianIlustrasi (IDN Times/Aan Pranata)

Doa dan restu orangtua tentu sangat penting guys. Biasanya orangtua juga memberikan dukungan untuk anak-anaknya, berupa nasihat atau motivasi.

"Percaya sama kemampuan kamu, percaya diri, inget nilai kamu adalah cerminan belajar kamu selama di sekolah," ujar pria 20 tahun itu, kepada IDN Times, Kamis (9/1).

Baca Juga: Cerita Eks Siswa di Bogor Stres Jelang UN Karena Takut Tidak Lulus

2. Ikut bimbingan belajar tambahan di luar sekolah

UN Dibawa Asyik Aja! Ini 5 Tip Agar Kamu Santai Hadapi UjianIlustrasi (ANTARA FOTO/Emir Fajar Saputra)

Mengikuti bimbingan belajar (bimbel), baik di lembaga pendidikan maupun secara privat akan membantu kamu dalam menghadapi UN. Karena, kamu akan mendapat materi tambahan dan cara cepat mengerjakan soal serta latihan-latihan soal UN, agar kamu terbiasa mengerjakan soal ujian.

"Juga ada try out dari bimbel. Nah, hal ini juga membantu siswa banget, karena siswa seperti menghadapi situasi UN dan latihan soal UN dari tahun-tahun sebelumnya, atau soal yang standarnya sama dengan UN," kata dia.

3. Jangan belajar berlebihan dan refreshing agar tidak stres

UN Dibawa Asyik Aja! Ini 5 Tip Agar Kamu Santai Hadapi UjianIlustrasi (ANTARA FOTO/Jojon)

Kamu jangan memaksakan diri untuk belajar berlebihan guys, karena itu tidak baik untuk otak dan juga bikin kamu sakit. Jika sudah mulai merasa stres, kamu sebaiknya rekreasi atau jalan-jalan agar lebih rileks.

"Sesekali jalan-jalan gak apa-apa biar refreshing otak kita, supaya tidak stres ngelihat materi dan soal terus," ujar mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta itu.

4. Belajar dari jauh-jauh hari dan jangan memaksakan belajar seminggu menjelang UN

UN Dibawa Asyik Aja! Ini 5 Tip Agar Kamu Santai Hadapi UjianIlustrasi (kemdikbud.go.id)

Tidak sedikit siswa penganut aliran "kebut semalam", yang belajar seminggu sebelum UN berlangsung. Sebaiknya jangan ditiru guys, karena hasilnya tidak maksimal dan memuaskan, apalagi sampai berbuat curang dengan membeli kunci jawaban.

"Makanya nih guys, persiapkan mental dan belajar UN dari jauh-jauh hari, agar seminggu sebelum UN kita tinggal refreshing dan latihan soal UN. Jadi kita enjoy aja mengerjakan UN nanti," kata Imam.

5. Buat target khusus, kurikulum, dan jadwal belajar sendiri di rumah

UN Dibawa Asyik Aja! Ini 5 Tip Agar Kamu Santai Hadapi UjianIlustrasi (kemdikbud.go.id)

Kamu harus bisa buat target khusus berapa nilai UN kalian, agar bisa masuk ke SMP atau SMA favorit. Caranya dengan membuat kurikulum belajar sendiri di rumah.

"Semisal, seminggu harus sudah bisa belajar berapa bab di setiap mata pelajaran, dan berapa soal yang harus dikerjakan. Begitu terus secara konsisten," ujar mahasiswa jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan Jurnalistik itu.

Selain itu, jadwal belajar juga harus diatur dengan sebaik mungkin. Jangan sampai belajar mengganggu jam bermain dan waktu istirahat kita. UN akan lebih mudah dan tidak membuat stres, jika kamu mau belajar dari jauh-jauh hari dan konsisten.

"Kalau belajar nya kita masih berantakan dan males-malesan, gimana gak stres? Semangat, percaya diri, percaya kemampuan diri sendiri, buktikan hasil belajar dengan nilai UN yang memuaskan," kata Imam.

Baca Juga: Ujian Nasional Akan Dihapus 2021, Ini Alasan Mendikbud Nadiem Makarim

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya