4 Dubes Negara Sahabat Ini Kagum Pemilu Serentak Indonesia

Demokrasi di Indonesia mendapat apresiasi dunia

Indonesia telah melaksanakan pemilu serentak pada 17 April 2019. Pemilu serentak ini memang tak sepenuhnya sempurna, namun ada beragam hal hebat di pemilu tahun ini.

Seolah bukan hanya rakyatnya saja yang bangga, namun ada empat duta besar dari beberapa negara yang mengapresiasi pemilu serentak tahun ini. Beberapa dubes tersebut menganggap bahwa pemilu tahun ini mencerminkan demokrasi Indonesia yang hebat.

Tapi, kamu tahu gak dubes mana saja yang memuji pemilu Indonesia? Berikut daftar dubes dan pujiannya lewat media sosial!

1. Gary Quinlan - Dubes Australia

Gary Quinlan adalah duta besar Australia untuk Indonesia. Gary mengutarakan pujiannya lewat cuitan yang ia posting via media sosial Twitter.

"Mengunjungi beberapa tempat pemungutan suara di Jakarta pagi ini. Kagum dengan besarnya pelaksanaan dan antusiasme para pemilih," tweet Gary Quinlan. 

Selain itu, sebelumnya Gary sempat men-tweet betapa kagumnya ia terhadap demokrasi Indonesia yang tercermin lewat pemilu hari ini. Bahkan dirinya juga menganggap bahwa pemilu Indonesia adalah prestasi dari demokrasi.

"Besok, 193 juta warga Indonesia akan memilih di lebih dari 800.000 tempat pemungutan suara yang tersebar di kepulauan dengan lebih dari 17.000 pulau pada pemilihan satu hari yang terbesar di dunia - suatu prestasi luar biasa untuk demokrasi," tulis dubes Australia itu.

2. Rasmus Kristensen - Dubes Denmark

Duta besar Denmark untuk Indonesia, Rasmus Kristinsen, memberi apresiasi terhadap pemerintahan Indonesia yang berhasil menggelar pemilu serentak di tahun ini.

"Saya telah menerima undangan dari KPU untuk menyaksikan pemilihan Indonesia 2019. Hari ini saya mengunjungi beberapa TPS di Jakarta Utara dan Pusat. Saya senang sekali melihat orang Indonesia memberi hak pilih. Denmark memberi selamat kepada Indonesia dengan demokrasi yang sukses," ungkap dubes Denmark lewat akun Instagramnya.

Baca Juga: Hasil Quick Count 5 Lembaga Survei: Jokowi-Ma'ruf Unggul Sementara 

3. Moazzam Malik - Dubes Inggris

Hal unik dilakukan Duta besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik. Dirinya bahkan sempat berfoto bersama ibu-ibu yang berada di TPS dekat rumahnya. 

"Berkeliling di TPS-TPS dekat rumahku di kampung ramai, aman, dan lancar. Pasti Indonesia dapat memilih dengan bijaksana dan damai untuk masa depan yang baik," tutur Moazzam di akun Twitter pribadinya.

Sebelumnya juga, Moazzam juga memuji pilkada serentak di Indonesia 2018 lalu. Dirinya menganggap bahwa aspirasi rakyat dapat tersampaikan dengan baik dnegan cara ini.

4. Vegard Kaale - Dubes Norwegia

Duta besar Norwegia untuk Indonesia, Vegard Kaale memberi selamat untuk rakyat dan juga pemerintah Indonesia. Dirinya menganggap bahwa demokrasi di Indonesia merupakan inspirasi bagi banyak negara lain.

"Selamat Indonesia atas #pemilu2019 Hari ini kita telah menyaksikan jutaan orang menggunakan hak demokrasinya. Mengesankan, dan merupakan inspirasi bagi banyak negara lain," tulis Vegard.

Sebelumnya juga, Vegard sempat mengunjungi TPS-TPS di Jakarta. Ia juga mengapresiasi kinerja logistik yang dianggap mengesankan.

Itulah keempat duta besar negara sahabat yang memberi ucapan selamat kepada Indonesia atas prestasi pemilunya. Bangga kan? Jangan ribut lagi yah!

Baca Juga: Jokowi Ingatkan Masyarakat Tetap Bersatu Usai Pemilu 2019

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Based on my perspective

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya