Comscore Tracker

Bandingkan Sukarno dengan Nabi, Sukmawati Banjir Kritik di Twitter

#TangkapSukmawati mulai melambung di Twitter

Jakarta, IDN Times - Pertanyaan Sukmawati Soekarnoputri tentang siapa yang paling berjasa di awal abad ke-20 untuk kemerdekaan Indonesia: Bung Karno atau Nabi Muhammad, viral di Twitter. 

Tidak hanya viral, pertanyaan Sukmawati yang disampaikan dalam sebuah acara Focus Group Discussion (FGD) Divisi Humas Polri bertajuk ‘Bangkitkan Nasionalisme Bersama Kita Tangkal Radikalisme dan Berantas Terorisme’ di Jakarta Selatan pada Senin, 11 November 2019, itu juga memicu munculnya tagar #TangkapSukmawati.

Hingga pukul 17.00 WIB, sudah lebih dari 4.361 kicauan bertagar #TangkapSukmawati di Twitter. Hampir semua kicauan bertagar #TangkapSukmawati merupakan respons dari pertanyaan Sukmawati soal Bung Karno atau Nabi Muhammad. Sukarno atau Bung Karno merupakan proklamator kemerdekaan RI yang juga ayah Sukmawati. 

Baca Juga: PKS: Pertanyaan Sukmawati Tak Sesuai Konteks, Belajar dari Bung Karno!

1. Said Didu sebut Sukarno dan pejuang kemerdekaan jadikan Nabi Muhamad teladan

Bandingkan Sukarno dengan Nabi, Sukmawati Banjir Kritik di TwitterTwitter/@msaid_didu

Tak hanya melambungnya tagar itu, kicauan para tokoh dan politisi yang merespons pernyataan Sukmawati juga meramaikan jagad Twitter hari ini, Sabtu (16/11). Salah satunya adalah kicauan dari Muhamad Said Didu.

Mantan bos BUMN ini dalam kicauannya mengatakan, banyak sekali pahlawan yang menjadikan Nabi Muhammad sebagai teladannya.

"Bu Sukmawati yth,
1. Bendera Syarikat Islam yg berjuang memerdekakan Indonesia itu bertulis arab dg 2 kalimat Syahadat, juga ormas lain.
2. Pejuang kemerdekaan, termasuk Soekarno juga selalu menyebut nama nabi Muhammad
3. Banyak sekali pahlawan kita bernama Muhammad," tulis Said Didu melalui akun Twitternya, @Msaid_didu.

2. Politikus Demokrat anggap pernyataan Sukmawati merendahkan kenabian

Bandingkan Sukarno dengan Nabi, Sukmawati Banjir Kritik di TwitterIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tidak hanya Said Didu, politikus Partai Demokrat, Ferdinand Hutahahean, juga ikut merespons pernyataan kontroversial Sukmawati Soekarnoputri. Ferdinand menyebut, Sukmawati tak seharusnya membandingkan manusia dengan nabi.

"Saya paling tidak suka jika ada orang membandingkan manusia dengan Nabi. Merendahkan kenabian, karena apapun itu, manusia tak sebanding dengan para Nabi yang pernah diutus Allah. Manusia tak seujung kuku para Nabi. Lantas mengapa ada yang sok hebat membanding diri dengan Nabi?," tulis Ferdinan melalui akun pribadinya @Ferdinandhaean2.

3. Pertanyaan Sukmawati bandingkan Sukarno dengan Nabi Muhamad

Bandingkan Sukarno dengan Nabi, Sukmawati Banjir Kritik di TwitterSukmawati Soekarnoputri (Youtube)

Sukmawati Soekarnoputri kembali menuai kontroversi. Kali ini Sukmawati disorot karena pertanyaannya dalam sebuah diskusi tentang siapa yang paling berjasa di awal abad ke-20 untuk kemerdekaan Indonesia: Bung Karno atau Nabi Muhammad.

Sukmawati melontarkan pertanyaan tersebut kepada mahasiswa dan generasi muda saat acara Focus Group Discussion (FGD) Divisi Humas Polri bertajuk ‘Bangkitkan Nasionalisme Bersama Kita Tangkal Radikalisme dan Berantas Terorisme’ di Jakarta Selatan pada Senin, 11 November 2019.

Saat dilihat utuh videonya, pertanyaan itu dilontarkan Sukmawati saat sedang menjelaskan informasi yang ia peroleh soal cara merekrut anggota calon radikalis. Menurutnya, calon teroris itu akan ditanya: lebih bagus Pancasila atau Alquran?

“Sekarang saya mau tanya semua, yang berjuang di abad 20 itu, Nabi yang Mulia Muhammad atau Ir. Sukarno? Untuk kemerdekaan. Saya minta jawaban, siapa yang bisa jawab berdiri. Silakan anak-anak muda ayo jawab, gak ada yang berani? Saya pengen laki-laki, karena radikalis kan banyaknya laki-laki. Coba kamu berdiri, siapa namanya,” ucap Sukmawati kepada salah seorang audiens.

“Saya M.Aqil Maullana mahasiswa dari UIN Syarief Hidayatullah Jakarta, memang benar pada saat awal abad 20 itu yang berjuang adalah Sukarno. Nah...,” belum sempat menjelaskan, Sukmawati langsung menyetop Aqil.

“Oke setop, hanya itu yang ibu tanya,” kata Sukmawati memotong penjelasan Aqil.

Potongan video Sukmawati ini pun ramai diperbincangkan di Twitter.

Baca Juga: Viral Pertanyaan Sukmawati: Berjasa Mana Nabi Muhammad atau Sukarno?

Topic:

  • Sunariyah

Just For You