Comscore Tracker

Sumber Radioaktif Kembali Diamankan di Serpong, Pemiliknya Diperiksa

Pemilik rumah itu yang diduga membuang sampah radioaktif

Tangerang Selatan, IDN Times - Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Mabes Polri, dan, Badan Tenaga Nuklir (Batan) menggeledah sebuah rumah di Blok A Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, Senin (24/2). Hal itu dilakukan untuk mengamankan sumber radioaktif yang diduga milik salah satu penghuni rumah tersebut.

"Ditemukan penguasaan terduga beberapa sumber radioaktif atau bagian dari sumber radioaktif secara tidak sah, di salah satu rumah warga di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan," kata Kepala Biro Hukum Kerja Sama dan Komunikasi Publik, Bapeten, Indra Gunawan, dalam keterangan resminya, Senin (24/2).

1. Radioaktif yang ditemukan di rumah itu dipastikan jenis Cs 137

Sumber Radioaktif Kembali Diamankan di Serpong, Pemiliknya Diperiksa(IDN Times/M Iqbal)

Indra juga memastikan bahwa radioaktif yang ditemukan di rumah tersebut adalah Cesium 137 (Cs 137), "dan ada beberapa jenis radioaktif lainnya," imbuhnya.

Dia juga mengatakan tim gabungan telah menemukan titik terang siapa pelaku dalam kasus ini. Menurutnya, warga pemilik rumah tersebut pun sudah dimintai keterangan.

Baca Juga: Paparan Radiasi Nuklir Ditemukan di Serpong, Sampel akan Diuji Lab

2. Pemilik rumah bekerja di Pusat Teknologi Keselamatan Metrologi Radiasi Pasar Jumat

Sumber Radioaktif Kembali Diamankan di Serpong, Pemiliknya Diperiksa(IDN Times/M Iqbal)

Maya, salah satu warga yang tinggal persis sebelah rumah itu, penggeledahan terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Menurutnya, rumah yang digeledah itu milik tetangganya yang berinisial S.

Pria berinisial S itu diketahuinya, bekerja di Pusat Teknologi Keselamatan Metrologi Radiasi (PTKMR) di Pasar Jumat, Jakarta Selatan. Maya pun mengatakan S bersama istri dan ketiga anaknya sudah tinggal di kompleks Batan Indah sudah cukup lama. 

3. Polisi mengambil benda dari rumah itu ke dalam drum

Sumber Radioaktif Kembali Diamankan di Serpong, Pemiliknya Diperiksa(IDN Times/M Iqbal)

Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, tim dari Batan membawa mobil Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) dan memakai sarung tangan beserta masker saat mengangkat sesuatu yang dicurigai ke dalam drum.

Polisi melakukan sterilisasi di gang di depan rumah tersebut dengan memasang garis kuning dan penjagaan mulai dari kedua ujungnya. Usai penggeledahan, tim Gegana beserta Bapeten dan Batan melakukan penyisiran kembali di sekitar perumahan tersebut.

Baca Juga: Terpapar Radiasi Nuklir, Warga Batan Indah Serpong Jalani Pemeriksaan

4. Selokan di perumahan itu pun diduga terpapar radiasi Cesium

Sumber Radioaktif Kembali Diamankan di Serpong, Pemiliknya DiperiksaIDN Times/M Iqbal

Tak hanya di Blok A, tim pun kemudian menyisir di Blok M di perumahan itu dan mengamankan segumpal lumpur dari selokan di sana. 

Warga bernama Cucu yang merupakan pemilik rumah di samping selokan tersebut mengatakan, aparat hanya mengambil segenggam lumpur di selokan itu.

Saat proses penyisiran area, pendeteksi menunjukkan ada paparan di atas normal saat di dekat selokan itu. "Tadi lumpur yang diambil, iya di sini di got. Ambil sedikit saja. Habis itu, diukur lagi (paparan radiasi) sudah aman," ujar Cucu di lokasi.

Cucu mengatakan, sumber radiasi yang terpapar di sana sama dengan di rumah di Blok A. "Katanya Cesium, iya Cesium-137," ujarnya. Setelah lumpur di drainase itu diangkat, polisi tidak melingkarinya dengan garis kuning pembatas. 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Terpapar Radiasi Nuklir, Pohon Buah-buahan di Kompleks Batan Ditebang

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya