Comscore Tracker

Klarifikasi Bos Kaskus Andrew Darwis soal Dugaan Pemalsuan 

Pendiri Kaskus dilaporkan ke polisi oleh Titi Sumawijaya 

Jakarta, IDN Times - Andrew Darwis, pendiri situs forum komunitas maya Kaskus, akhirnya memberikan klarifikasi terkait laporan dugaan pemalsuan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dialamatkan kepadanya.

Klarifikasi disampaikan Andrew melalui kuasa hukumnya, Abraham Sridjaja, di Polda Metro Jaya. Dalam klarifikasi tertulis yang diterima IDN Times, Selasa (17/9), Andrew  membantah tuduhan pemalsuan itu.

Baca Juga: Pendiri Kaskus Dilaporkan ke Polisi, Kenapa Ya?

1. Andrew tak mengenal pelapor

Klarifikasi Bos Kaskus Andrew Darwis soal Dugaan Pemalsuan IDN Times/Axel Jo Harianja

Abraham Sridjaja mengatakan, Andrew tidak mengenal pelapor kasus tersebut yang bernama Titi Sumawijaya Empel.

Abraham juga membantah pernyataan pelapor yang menyebut, David Wira, sebagai tangan kanan atau orang kepercayaan Andrew.

"Klien kami mengenal saudara David Wira sejak pertengahan tahun 2018 dan bukan merupakan tangan kanan klien kami seperti yang diberitakan," ujar Abraham dalam keterangan tertulisnya.

2. Kuasa hukum Andrew: Klien kami sama sekali tidak mengetahui adanya pinjam meminjam

Klarifikasi Bos Kaskus Andrew Darwis soal Dugaan Pemalsuan 

Abraham mengatakan, Andrew tidak pernah mengetahui perihal peminjaman uang senilai Rp15 miliar yang melibatkan Titi, David Wira, dan Susanto Tjiputra.

"Klien kami sama sekali tidak mengetahui terkait adanya pinjam meminjam antara Titi Sumawijaya Empel dengan pihak siapa pun. Klien kami juga tidak mengetahui adanya pinjam meminjam yang melibatkan tanah dan bangunan yang dibeli dari Susanto," tutur Abraham.

Menurut Abraham, Andrew terlibat dalam transaksi jual beli gedung dengan Susanto. Namun, kata dia, segala proses jual beli dilakukan dengan sah.

3. Pendiri Kaskus dilaporkan ke polisi

Klarifikasi Bos Kaskus Andrew Darwis soal Dugaan Pemalsuan Instagram/@adarwis

Pendiri Kaskus, Andrew Darwis, sebelumnya dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena diduga memalsukan dokumen dan melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Ia dilaporkan oleh Titi Sumawijaya Empel yang datang ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (16/9) kemarin.

4. Titi menduga ada settingan dari bisnis pinjam meminjam tersebut

Klarifikasi Bos Kaskus Andrew Darwis soal Dugaan Pemalsuan IDN Times/Axel Jo Harianja

Titi menjelaskan kronologi kasus itu. Awalnya, Titi meminjam uang kepada David Wira yang disebut merupakan tangan kanan Andrew Darwis. Ia sempat bertanya kepada David, mengapa Andrew memiliki bisnis pinjam meminjam uang. Alhasil, Titi pun tertarik meminjam uang kepada Andrew.

"Kenapa saya tertarik pinjam ke saudara Andrew Darwis ini? Karena bunganya 1 persen dan bunganya itu pinjam meminjam selama 13 tahun," kata Titi di lokasi.

Baca Juga: Lewat ‘Sore Hore’, KASKUS Rangkul Komunitas

Topic:

  • Sunariyah

Just For You