Fachrul Yakin Jokowi Memilihnya Jadi Menag karena Pengalaman Militer

Sejak awal Fachrul yakin Jokowi akan menjadikannya Menag

Jakarta, IDN Times - Fachrul Razi meyakini dipilihnya dia sebagai Menteri Agama dalam Kabinet Indonesia Maju berdasarkan pengalamannya sebagai perwira militer.

Dalam pidato serah terima jabatan Menteri Agama di gedung Kementerian Agama, Jakarta Rabu (23/10), Fachrul bercerita bahwa semasa dirinya di militer dia sering sekali berkhotbah dalam salat Jumat di wilayah tempatnya bertugas.

"Saat saya di Kodim, beberapa yang tahu saya akan bilang 'Pak Fahrul itu kalau hari Jumat pasti agendanya banyak', tapi kalau orang yang suka ikuti saya, pasti dia bilang, 'Pak kok khotbahnya itu-itu saja', karena saya selalu membawa materi Islam yang memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, Islam yang tidak radikalisme, Islam yang toleran, itu aja jawabannya," ungkapnya.

Atas hal itulah Fachrul yakin bahwa Presiden Jokowi menempatkannya sebagai Menteri Agama, bukan seperti beberapa informasi yang menyebutkan dirinya akan menempati posisi Menkopolhukam menggantikan Wiranto.

"Tebakan saya begini, dia (Jokowi) melihat Pak Fachrul ini suka mendalami agama meski bukan kiai. Juga khotbah di mana-mana, ceramah di mana-di mana dan setiap ceramahnya enggak jauh tentang Islam yang damai, tentang toleransi, tentang persatuan dan kesatuan," kata Fachrul. 

"Kemudian menangkal radikalisme, sehingga pak Jokowi melihat Pak Fachrul ini pengalamannya banyak di bidang militer dan macam-macam, saya juga bisa melaksanakan yang tadi (mendalami agama)," sambungnya.

Baca Juga: Menag Fachrul Razi: Program Utama Kemenag Hilangkan Radikalisme

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya