Comscore Tracker

[FOTO] Aksi Demo Berakhir Ricuh, Kaca Gedung KPK Dilempari Telur

Massa menuntut lima pimpinan KPK agar mundur

Jakarta, IDN Times - Ini memasuki hari ke-7 gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didatangi massa yang berunjuk rasa. Alhasil pengamanan dari pihak kepolisian semakin diperketat di depan gedung komisi antirasuah. 

Dalam aksi unjuk rasa pada Jumat (20/9), gedung KPK didatangi oleh beberapa kelompok massa. Salah satunya, adalah massa Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Di dalam orasinya, PMII turut menyuarakan agar lima pimpinan baru KPK yang telah disahkan oleh DPR segera dilantik. 

Ketua umum PMII, Agus Mulyono Herlambang dalam orasinya mengatakan, pimpinan KPK untuk tak bertindak seperti politisi dalam membuat keputusan.

"Kita sampaikan, setop menjadi politisi kepada komisioner KPK. Kalau sudah mundur, mundur saja," kata Agus.

Adapula kelompok PMII cabang Banten yang menuding KPK sebagai lembaga politis. Salah satu buktinya, kata mereka, terkait penetapan tersangka bagi mantan Menpora Imam Nahrawi. 

Unjuk rasa yang semula berlangsung damai malah berakhir ricuh. Sebagian dari massa sempat mencoba merangsek masuk ke gedung KPK. Namun, massa berhasil dihalau oleh polisi. 

Bahkan, massa sempat melemparkan telur ke arah gedung KPK dan mengenai kaca. Pantauan dari IDN Times, jurnalis pun tak luput terkena lemparan telur itu. 

Pada pukul 18:08: WIB, sebagian massa sudah membubarkan diri dari gedung KPK. Sedangkan, sisanya masih bertahan untuk menuntut temannya yang kini ditahan polisi segera dilepaskan. 

Berikut beberapa dokumentasi yang menggambarkan kericuhan aksi demonstrasi di depan gedung KPK: 

1. Polisi huru-hara menjaga depan gedung KPK

[FOTO] Aksi Demo Berakhir Ricuh, Kaca Gedung KPK Dilempari Telur(Polisi menjaga depan gedung KPK) IDN Times/Muhammad Iqbal

Baca Juga: Bawa Pocong, Mahasiswa dan Dosen Unair Tolak Revisi UU KPK

2. Massa mulai membakar ban ketika berunjuk rasa di depan gedung KPK

[FOTO] Aksi Demo Berakhir Ricuh, Kaca Gedung KPK Dilempari Telur(Massa di depan gedung KPK mulai membakar ban) IDN Times/Muhammad Iqbal

3. Kaca di gedung KPK dilempari telur ketika aksi unjuk rasa terjadi

[FOTO] Aksi Demo Berakhir Ricuh, Kaca Gedung KPK Dilempari Telur(Kaca gedung KPK dilempari telur) IDN Times/Muhammad Iqbal

4. Jejak bekas telur pecah ditemukan di permukaan lantai di gedung KPK

[FOTO] Aksi Demo Berakhir Ricuh, Kaca Gedung KPK Dilempari Telur(Permukaan lantai di gedung KPK dan sisa telur) IDN Times/Muhammad Iqbal

5. Sisa ban dan poster berisi aspirasi demonstran yang tergeletak di depan gedung KPK

[FOTO] Aksi Demo Berakhir Ricuh, Kaca Gedung KPK Dilempari Telur(Plang nama KPK) IDN Times/Muhammad Iqbal

Baca Juga: Kedatangan Massa Pro Kontra RUU KPK, 1.200 Polisi Amankan Gedung KPK

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You