Gak Dapat Koalisi, PDIP Absen di Pilkada Kota Cilegon

Calon yang diusungnya, lebih pilih PKS

Cilegon, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terpaksa tak ikut serta dalam kontestasi Pilkada Kota Cilegon meski mereka memiliki kursi di parlemen wilayah barat laut Provinsi Banten berjuluk Kota Baja ini.

Ketidakikutsertaan dalam pengusungan calon wali kota tersebut lantaran PDIP tak memiliki koalisi partai untuk memenuhi minimal jumlah kursi parlemen, meski DPP PDIP sudah mengeluarkan rekomendasi.

Baca Juga: Aktor Lian Firman Lolos Maju di Pilkada Cilegon dari Jalur Independen 

1. PDIP Cilegon sudah rela gak ikut Pilkada Cilegon

Gak Dapat Koalisi, PDIP Absen di Pilkada Kota CilegonKerumunan massa pengantar Bacawali-bacawawali dari PDIP, Eri-Armuji di KPU Surabaya, Jumat (4/9/2020). IDN Times/Fitria Madia

Ketua DPC PDIP Kota Cilegon, Reno Yanuar menyebut pihaknya sudah merelakan ketidakikutsertaan mereka dalam Pilkada Serentak 2020.

"Kursi Pengusung saya dari PDI Perjuangan hanya berjumlah empat kursi di Kota Cilegon. Untuk mengusung kita membutuhkan minimal 8 kursi parlemen. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan dilancarkan segala urusannya. Mari kita jaga Kota Cilegon ini agar selalu kondusif tentram dan nyaman karena kita semua saudara sebangsa dan setanah air Bhinneka Tunggal Ika," kata Reno, Kamis (10/9/2020).

2. Reno minta maaf karena gagal maju Pilkada meski sudah dapat rekomendasi partai

Gak Dapat Koalisi, PDIP Absen di Pilkada Kota CilegonMural Pilkada Serentak 2020 ( ANTARA FOTO/Fauzan)

Reno yang mendapatkan rekomendasi maju sebagai wakil wali kota, meminta maaf kepada masyarakat Kota Cilegon karena tak bisa ikut mencalonkan diri.

"Terima kasih atas dukungan, doa dan support-nya selama ini kepada saya. Dan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya bila saya ada kesalahan dan kekurangan selama ini. Saya meminta maaf terkhusus untuk masyarakat Kota Cilegon bahwa saya belum bisa mencalonkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon tahun 2020," kata dia.

3. PDIP gak bisa maju karena ada PKS

Gak Dapat Koalisi, PDIP Absen di Pilkada Kota CilegonIDN Times/khaerul anwar

Sebagaimana diketahui, Surat Keputusan (SK) DPP PDI Perjuangan (PDIP) tentang persetujuan pasangan calon walikota dan wakil Wali Kota Cilegon beredar.

Dalam SK dengan Nomor: 2097/IN/DPP/VIII/2020 itu tertulis nama Ketua DPC PDIP Cilegon, Reno Yanuar sebagai Calon Wakil Wali kota yang akan berpasangan dengan Helldy Agustian

SK tertanggal 29 Agustus 2020 itu ditandatangani langsung oleh Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal, Hasto Kristiyanto.

Padahal, diketahui Helldy yang merupakan Kader Partai Berkarya akan maju sebagai calon wali kota berpasangan dengan Sanuji Pentamarta yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Pilkada Cilegon 2020.

Keduanya saat ini telah mendapatkan rekomendasi model B.1-KWK dari masing-masing partai untuk mendaftar di KPU Cilegon pada 4-6 September 2020 mendatang.

Baca Juga: Empat Kandidat Bapaslon Bertarung di Pilkada Kota Cilegon

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya