Comscore Tracker

Gubernur Banten Perpanjang PSBB Sampai Nol Kasus COVID-19 

PSBB di Tangerang Raya diperpanjang sampai 12 Juli 2020

Serang, IDN Times - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tiga wilayah Tangerang Raya, yakni Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan akan tetap diperpanjang sampai kasus virus corona atau COVID-19 hilang di wilayah tersebut.

Hal ini disampaikan Gubernur Banten Wahidin Halim dalam jumpa pers di Serang, Banten, Senin (29/6). "PSBB berlaku di wilayah (Tangerang Raya), saya ingin menyentuh sampai titik nol," kata Wahidin.

Baca Juga: Kabupaten dan Kota Tangerang Perpanjang PSBB Hingga 12 Juli 

1.Tetap ada kebijakan pelonggaran PSBB untuk hal-hal tertentu

Gubernur Banten Perpanjang PSBB Sampai Nol Kasus COVID-19 Ilustrasi salat Id. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Kendati demikian, kata Wahidin, ada kebijakan pelonggaran tertentu. Tempat-tempat seperti mal, pabrik, dan industri dipersilahkan untuk beroperasi kembali.

Pelonggaran PSBB juga akan diterapkan saat Hari Raya Iduladha yang sebentar lagi dirayakan umat Muslim. Warga diperbolehkan melakukan ibadah kurban seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya.

"Mal boleh buka sesuai protokol kesehatan, pasar ada kelonggaran tapi jangan sampai menimbulkan ada pelanggaran, pabrik industri silakan buka," kata Wahidin.

2. Tempat wisata tertentu diperbolehkan buka kembali

Gubernur Banten Perpanjang PSBB Sampai Nol Kasus COVID-19 IDN Times/Khaerul Anwar

Wahidin menuturkan, tempat wisata tertentu juga boleh buka kembali. Asalkan, kata dia, mereka juga harus menggunakan protokol kesehatan.

"Setiap masuk, wisatawan diberikan fasilitas seperti cuci tangan," katanya.

Menurut Wahidin, kebijakan untuk terus memperpanjang PSBB dilakukan karena tidak ingin ada peningkatan jumlah kasus di kemudian hari. Akan ada evaluasi periodik setiap dua minggu sekali untuk aturan ini.

"Takutnya kalau kita nggak PSBB, kayak di tempat lain muncul kasus, makanya kita jaga betul sampai batas waktu 14 hari kita evaluasi lagi," kata dia.

Baca Juga: [FOTO] PSBB, Wisatawan Membludak di Pantai Tanjung Pasir

3. Tangerang Raya perpanjang PSBB sampai 12 Juli 2020

Gubernur Banten Perpanjang PSBB Sampai Nol Kasus COVID-19 IDN Times/Candra Irawan

Sebagaimana diketahui, pemerintah daerah di tiga wilayah Tangerang Raya kembali memperpanjang penerapan PSBB. Perpanjangan itu dilakukan sampai 14 hari ke depan dan akan berakhir pada 12 Juli 2020.

Sementara itu, berdasarkan data Pemprov Banten per tanggal 28 Juni, kasus positif COVID-19 di Banten mencapai 1.277 kasus. Dengan rincian: yang dirawat 318 pasien dan sembuh 873 orang. Sedangkan kasus kematian 86 orang.

Gubernur Banten Perpanjang PSBB Sampai Nol Kasus COVID-19 Instagram/pemprov.banten

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya