Gubernur: PSBB Terus Diperpanjang Sampai Banten Nol Kasus COVID-19 

Tangerang Raya perpanjang PSBB sampai 12 Juli

Serang, IDN Times - Gubernur Banten Wahidin Halim menyebut penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tiga wilayah Tangerang Raya, yakni Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan akan terus diperpanjang sampai kasus COVID-19 hilang di wilayah tersebut.

"PSBB berlaku di wilayah (Tangerang Raya), saya ingin menyentuh sampai titik nol," kata Wahidin dalam jumpa pers di Serang, Banten, Senin (29/6).

Baca Juga: Kabupaten dan Kota Tangerang Perpanjang PSBB Hingga 12 Juli 

1. Wahidin persilakan masyarakat lakukan ibadah kurban di momen Iduladha

Gubernur: PSBB Terus Diperpanjang Sampai Banten Nol Kasus COVID-19 Ilustrasi salat Id. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Meskipun PSBB kembali diperpanjang, Wahidin mengungkap, ada kebijakan pelonggaran tertentu. Tempat-tempat seperti mal, pabrik, dan industri dipersilahkan untuk beroperasi kembali.

Pelonggaran juga akan diterapkan dalam perayaan Iduladha yang sebentar lagi dirayakan umat Muslim. Warga diperbolehkan melakukan ibadah kurban seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya.

"Mal boleh buka sesuai protokol kesehatan, pasar ada kelonggaran tapi jangan sampai menimbulkan ada pelanggaran, pabrik industri silakan buka," kata Wahidin.

2. Wisata tertentu diperbolehkan kembali buka

Gubernur: PSBB Terus Diperpanjang Sampai Banten Nol Kasus COVID-19 IDN Times/Khaerul Anwar

Wahidin menuturkan, tempat wisata tertentu juga boleh buka kembali. Asal, lanjutnya, mereka juga harus menggunakan protokol kesehatan. "Setiap masuk, wisatawan diberikan fasilitas seperti cuci tangan," katanya.

Menurut Wahidin, kebijakan untuk terus memperpanjang PSBB dilakukan karena tidak ingin ada peningkatan jumlah kasus di kemudian hari. Akan ada evaluasi periodik setiap dua minggu sekali untuk aturan ini.

"Takutnya kalau kita nggak PSBB, kayak di tempat lain muncul kasus, makanya kita jaga betul sampai batas waktu 14 hari kita evaluasi lagi," kata dia.

Baca Juga: [FOTO] PSBB, Wisatawan Membludak di Pantai Tanjung Pasir

3. Tangerang Raya perpanjang PSBB sampai 12 Juli mendatang

Gubernur: PSBB Terus Diperpanjang Sampai Banten Nol Kasus COVID-19 IDN Times/Candra Irawan

Sebagaimana diketahui, pemerintah daerah di tiga wilayah Tangerang Raya kembali memperpanjang penerapan PSBB. Perpanjangan itu dilakukan sampai 14 hari ke depan dan akan berakhir pada 12 Juli 2020.

Sementara itu, berdasar data Pemprov Banten Per tanggal 28 Juni, kasus positif COVID-19 di Banten mencapai 1.277 kasus. Dengan rincian: yang dirawat 318 pasien dan yang sembuh 873 orang. Sedangkan kasus kematian 86 orang.

Gubernur: PSBB Terus Diperpanjang Sampai Banten Nol Kasus COVID-19 Instagram/pemprov.banten

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya