Comscore Tracker

Bermaksud Menangkap, Remaja 16 Tahun Malah Tewas Dililit Ular Piton

Korban sudah tak bernyawa saat warga datang ke lokasi

Tangerang Selatan, IDN Times - Seorang remaja 16 tahun tewas mengenaskan dililit ular piton atau sanca di pinggir kali Sektor XII, Kencana Loka, Serpong, Tangerang, Banten. Peristiwa nahas itu bermula ketika Yusuf, nama remaja tersebut, hendak menangkap ular mematikan itu. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Uci Sanusi mengungkapkan, insiden itu terjadi pada Senin, 6 Juli 2020. Awalnya teman Yusuf menemukan ular piton di pinggir kali. 

Baca Juga: Dampak COVID-19, Ribuan Orang di Tangsel Jadi Pengangguran

1. Korban sudah tak bernyawa saat warga datang menolong ke lokasi kejadian

Bermaksud Menangkap, Remaja 16 Tahun Malah Tewas Dililit Ular PitonUlar piton sanca kembang yang ditangkap petugas Damkar Kota Cirebon saat masuk ke rumah warga akan dilepasliarkan BBKSDA Jawa Barat. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Temannya itu kemudian memanggil korban yang selama ini dikenal kerap menangkap biawak. "Korban ini beranilah orangnya," kata Uci saat dikonfirmasi Selasa 7 Juli 2020.

Korban pun ingin menangkap ular tersebut untuk dipelihara. Namun nahas, ular itu malah melilit Yusuf.

Ketika korban hendak menangkap ular tersebut, ujar Uci, piton itu berontak dan melawan balik dengan melilit. Teman yang bersama korban saat itu merasa tidak mampu menolongnya, kemudian meminta pertolongan warga. Namun sayang, pada saat warga sampai di lokasi, korban sudah tak bernyawa.

2. Ular sanca mampu meremukkan tulang mangsanya, terutama di bagian leher

Bermaksud Menangkap, Remaja 16 Tahun Malah Tewas Dililit Ular PitonSeekor ular piton ditangkap warga saat memangsa seekor mentok di Kelurahan Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Selasa (17/12) siang. IDN Times/Haikal Adithya

Jasad korban pun langsung dievakuasi. "Malam itu juga langsung kita evakuasi ke rumah korban. Kita imbau kepada masyarakat, ular sanca memang bukan ular berbisa, namun mematikan," terangnya.

Uci mengatakan, ular sanca memiliki kekuatan yang bisa meremukkan tulang mangsanya, apalagi di bagian leher. 

3. Warga diminta melapor ke petugas jika ada hewan liar yang mengganggu

Bermaksud Menangkap, Remaja 16 Tahun Malah Tewas Dililit Ular PitonPetugas Damkar Kota Cirebon menyerahkan ular piton sanca kembang untuk dilepasliarkan. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Uci mengimbau masyarakat agar tak melakukan tindakan-tindakan konyol seperti itu. Dia meminta, kalau pun ada hewan liar yang mengganggu, warga segera melapor ke petugas atau tenaga ahli penangkap hewan liar.

"Artinya kalau gak punya keahlian khusus sebaiknya jangan coba-coba menangkapnya, karena ular sanca itu yang segede lengan saja kekuatannya lumayan besar. Sebaiknya kalau nemu ular sanca laporkan saja ke komunitas atau tim kita Damkar," kata dia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, jasad korban telah dimakamkan oleh keluarganya. Atas meninggalnya korban, diharapkan peristiwa serupa tidak terjadi lagi.

Baca Juga: Dishub Tangsel: Tangsel Belum Siap Bikin Jalan Khusus Buat Sepeda 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya