Jokowi Kalah di Lebak, Bukti Dukungan Keluarga Ratu Atut Tak Berefek?

Kekalahan Jokowi sekaligus patahkan hasil survei

Lebak, IDN Times - Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko "Jokowi" Widodo mengalami kekalahan di Lebak, Banten. Pengamat politik dari Universitas Islam Syech Yusuf (Unis) Tangerang, Miftahul Adib, menilai kekalahan ini sebagai bukti dukungan keluarga Ratu Atut Choisiyah tak mampu mendongkrak perolehan suuara Jokowi-Ma'ruf.

Menurut Adib, kekalahan ini terjadi karena tim pemenangan Jokowi yang di dalamnya termasuk keluarga mantan Gubernur Banten, Ratu Atut, tidak turun secara maksimal ke akar rumput untuk menggarap isu-isu yang selalu menyerang Jokowi.

"Deklarasi keluarga ini digadang-gadang bisa memenangkan Jokowi. Itu tidak berpengaruh, karena sebaran info di Banten kebanyakan melalui opinion leader. Opinion leader seperti kiai dan ulama masih dipercaya sebagai pembenaran informasi. Jadi masyarakat mengikuti opinion leader, BPN melihat potensi itu kemudian menggarap isu seperti Jokowi anti ulama dan lain-lain," kata Adib kepada IDN Times, Jumat (10/5).

Baca Juga: Menang 7 Juta Lebih Suara di Jatim, Ketua TKD: Rakyat Cinta Jokowi

1. Kekalahan Jokowi patahkan hasil survei

Jokowi Kalah di Lebak, Bukti Dukungan Keluarga Ratu Atut Tak Berefek?IDN Times/Sukma Shakti

Adib mengatakan, kekalahan Jokowi di Banten khususnya Lebak, mematahkan anggapan survei bahwa pendukung Jokowi adalah kalangan tak berpendidikan.

"Jadi hasil survei soal pendukung Jokowi kebanyakan berpendidikan rendah terpatahkan. Bila dibanding dengan Tangerang Selatan yang pendidikannya lebih baik, justru Jokowi unggul (di Tangerang)," kata Adib.

2. Prabowo menang telak di Lebak

Jokowi Kalah di Lebak, Bukti Dukungan Keluarga Ratu Atut Tak Berefek?IDN Times/Irfan fathurohman

Diketahui, capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga ungguli pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf dalam pemilu serentak di Kabupaten Lebak.

Prabowo-Sandi memperoleh 489.793 suara atau 65.31 persen, sedangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf hanya memperoleh 260.148 suara.

Hasil ini diketahui usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat kabupaten pada Pemilu 2019.

Rapat pleno yang digelar selama 4 hari ini berlangsung dengan dibacakannya hasil perolehan suara yang dilakukan oleh masing-masing Panitia Pemungutan Suara tingkat Kecamatan (PPK) di 28 kecamatan se-Kabupaten Lebak.

3. Prabowo menang, tidak ada keberatan dari saksi

Jokowi Kalah di Lebak, Bukti Dukungan Keluarga Ratu Atut Tak Berefek?IDN Times/Muhamad Iqbal

Ketua KPU Lebak Ni’matullah mengatakan, rapat pleno yang berlangsung selama 4 hari berturut-turut berjalan dengan lancar. Tidak ada keberatan dari saksi mengenai hasil rapat pleno tersebut.

”Alhamdulillah plenonya lancar. Semua saksi dapat menerima hasil dari rapat pleno tersebut,” kata Ni'matullah usai rapat pleno yang bertempat di Hotel Mutiara, Karanganyar, Selasa (7/5).

Dia menjelaskan, hasil rapat pleno tersebut nantinya akan langsung dikirim ke KPU Provinsi Banten, yang sekarang sedang dalam tahap pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat Provinsi Banten.

4. Kemenangan Prabowo melebihi target BPN Lebak

Jokowi Kalah di Lebak, Bukti Dukungan Keluarga Ratu Atut Tak Berefek?IDN Times/Irfan fathurohman

Hasil plano tersebut disambut baik oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Kabupaten Lebak, Bambang. Menurut Bambang, kemenangan sudah terprediksi. Namun yang membuatnya cukup senang, kemenangan melebihi target yang sebelumnya diprediksi yakni 60 persen.

"Kemenangan tersebut melebihi target kami yang hanya 60 persen saja," kata Bambang.

Baca Juga: Rekapitulasi KPU Jabar: Suara Prabowo Masih Ungguli Jokowi di Bandung

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya