Kekeringan Selama 3 Bulan, Warga Tangsel Akhirnya dapat Bantuan Air

BPBD Tangsel sayangkan tak ada laporan soal kesulitan air

Tangerang Selatan, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyalurkan 4.000 liter air bersih ke 125 kepala keluarga di Kampung Koceak, Kelurahan Kranggan, Setu, Tangsel.

Penyaluran air bersih ini merupakan yang pertama kali ke wilayah Tangsel yang sudah mengalami kekeringan parah sejak Juni lalu.

Baca Juga: Kekeringan Parah, Warga Tangsel Mandi Pakai Air Got

1. Tidak ada laporan lurah dan camat, warga Koceak 3 bulan kesulitan air bersih

Kekeringan Selama 3 Bulan, Warga Tangsel Akhirnya dapat Bantuan AirIDN Times/Muhamad Iqbal

Kepala Pelaksana BPBD Tangsel Charerudin mengatakan, terhambatnya penyaluran air bersih ke wilayah yang sudah 3 bulan mengalami kekeringan parah ini, lantaran kurangnya koordinasi dari pemerintahan wilayah kelurahan dan kecamatan.

"Tidak ada yang laporan ke kami ada kekeringan seperti itu, karena saya belum dapat laporan. Saya tanya camat Serpong aja pada bingung," ungkap Charerudin di lokasi penyaluran air bersih, Kamis (22/8).

2. Tangsel memiliki 3 wilayah rawan kekeringan saat kemarau

Kekeringan Selama 3 Bulan, Warga Tangsel Akhirnya dapat Bantuan AirIDN Times/Muhamad Iqbal

Chaerudin mengatakan, di Tangsel ada tiga wilayah yang kerap mengalami kekeringan saat kemarau. Dua wilayah adalah perumahan yang sudah tertangani oleh bantuan dana dari Corporate Social Responsibility (CSR).

"Kalau yang di perumahan sudah teratasi oleh dana perusahaan CSR, nah yang kampung ini saya optimis tahun depan sudah ada bor yang atasi kekeringan secara permanen," kata Chaerudin.

3. Kemarau panjang, BPBD Tangsel pastikan stok air aman hingga November

Kekeringan Selama 3 Bulan, Warga Tangsel Akhirnya dapat Bantuan AirIDN Times/Candra Irawan

Chaerudin mengatakan, di musim kering yang masuk kategori ekstrem ini BPBD memastikan stok air bersih untuk warga Tangsel yang masuk dalam zona rawan kekeringan air, aman hingga November 2019.

"Menurut BMKG ini lebih ekstrem dari 2015 lalu, diperkirakan baru November besok akan mulai masuk penghujan, stok air bersih hingga bulan itu aman," ujarnya.

4. Tiga bulan harus beli air bersih, warga senang dikasih air gratis

Kekeringan Selama 3 Bulan, Warga Tangsel Akhirnya dapat Bantuan AirIDN Times/Muhamad Iqbal

Pantauan IDN Times di lokasi, warga antusias mendatangi pembagian air yang diberikan secara gratis. Mereka berbondong-bondong membawa ember dan drum-drum untuk mengambil air.

Pak Boni (70), warga Koceak yang ikut mengantre, mengaku senang dengan adanya bantuan air bersih gratis yang sudah 3 bulan ini mereka dapatkan dengan membeli.

"Alhamdulillah sekarang dibantu, udah 3 bulan kita harus beli, Rp5 ribu per galon buat konsumsi, kalau untuk mandi kita terpaksa pakai saluran air," kata Boni.

Baca Juga: Kemarau Panjang, Bulog Klaim Stok Beras di 3 Wilayah Tangerang Aman 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya