Comscore Tracker

Kemkominfo: Akses Media Sosial Sudah Normal Kembali 

Akses ke Whatsapp dan medsos lainnya kini sudah lancar

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membuka kembali akses media sosial yang sempat dibatasi dari sejak Rabu 22 Mei lalu.

Sebelumnya pemerintah membatasi akses penyebaran informasi terutama foto dan video ke Whatsapp, Facebook dan sejumlah media sosial (medsos) lainnya guna menghindari beredarnya berita bohong atau hoaks terkait aksi 21-22 Mei 2019. 

"Itu soal videonya dan gambar. Kalau teks kan tidak, pemerintah tidak menutup sarana komunikasi masyarakat tapi lakukan pembatasan. Toh masih bisa teks," jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (23/5).

Baca Juga: Media Sosial Dibuat Down, Menkominfo Ikut Kena Imbasnya

1. Akses media sosial sudah normal diumumkan melalui Twitter

Kemkominfo mengumumkan bahwa pembatasan akses media sosial sudah berakhir atau media sosial (medsos) sudah normal kembali, melalui akun Twitter resminya, @kemkominfo, Sabtu (25/5) sekitar pukul 13.00 WIB. 

"Selamat menggunakan internet dengan lancar tanpa hambatan kembali ya, Mari gunakan ruang siber ini untuk hal-hal yg positif aja Happy weekend #SobatKom," tulis akun @kemkominfo.

2. Pukul 14.00 WIB semua medsos yang dibatasi kembali lancar

Kemkominfo: Akses Media Sosial Sudah Normal Kembali IDN Times/Rochmanudin

Pantauan IDN Times, akses media sosial seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp yang sebelumnya dibatasi, mulai pukul 14.00 WIB sudah lancar kembali. Instagram dan Facebook sudah mulai merefresh timeline yang beberapa hari ini sempat tak bisa berjalan.

Aplikasi chat, WhatsApp, juga sudah lancar kembali untuk mengirim video dan foto, atau sebaliknya.

3. Dibuka setelah tiga hari dibatasi

Kemkominfo: Akses Media Sosial Sudah Normal Kembali IDN Times/Santi Dewi

Sebelumnya diketahui, Menko Polhukam Wiranto tiga hari lalu, Rabu (22/5), mengatakan bahwa pemerintah membatasi penggunaan internet. Pengguna internet tidak akan bisa mengirim dan mengunduh foto atau video lewat aplikasi perpesanan instan.

“Semata-mata demi keamanan nasional,” kata Wiranto.

Baca Juga: WhatsApp dan Instagram down, Wiranto: Sebagian Akses Medsos Diblokir

Topic:

  • Sunariyah

Just For You