Ketua KPU Optimis Partisipasi Pemilih Tangsel 70 Persen

Tangsel jadi tuan rumah Election Visit Program Pilkada 2020

Tangerang Selatan, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman memantau Pilkada Serentak 2020 di Tangsel, Rabu (9/12/2020). Dia optimis partisipasi pemilih di Tangsel bisa mencapai 70 persen.

Seperti diketahui, Pilkada Serentak 2020 dilaksanakan hari ini (9/12/2020), di tengah pandemik COVID-19.

"Sekilas sih, saya lihat, (partisipasi pemilih) bisa 70 persen untuk Tangsel," kata dia di Serpong Utara, Kota Tangsel, Rabu (9/12/2020), seperti dikutip dari Kompas TV.

Baca Juga: Mencoblos, Nur Azizah Diteriaki Warga Ingatkan Janji Kampanye

1. Ketua KPU berharap, Pilkada Tangsel bisa menjadi cermin untuk pilkada di daerah lain

Ketua KPU Optimis Partisipasi Pemilih Tangsel 70 PersenPilkada Tangerang Selatan (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Saat memantau itu, Arief mengungkap juga bahwa ada juga tempat pemungutan suara (TPS) mencatat partisipasi pemilih di atas 80 persen. Meski demikian, dia tidak menutupi bahwa ada TPS lainnya yang partisipasi pemilih di kisaran 50-55 persen. 

Secara total, dia tetap optimis, tingkat partisipasi pemilih di Tangsel mencapai Rp70 persen. "Saya harap, ini (Tangsel) menjadi cermin, daerah-daerah lain," kata dia. 

Baca Juga: Saras: Millennials, Ayo Berikan Suaranya!

2. Tangsel jadi tuan rumah Election Visit Program Pilkada Serentak 2020

Ketua KPU Optimis Partisipasi Pemilih Tangsel 70 PersenElection Visit Program Pilkada Serentak 2020 di Tangsel (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Di sisi lain, KPU RI juga memilih Kota Tangerang Selatan sebagai tuan rumah Election Visit Program (EVP) di Pilkada 2020 ini karena melihat dari kesiapan yang baik.

Ketua KPU  Arief Budiman menerangkan, sebetulnya yang menjadi tuan rumah pada EVP kali ini adalah Sumatera Barat, namun demikian ada beberapa alasan yang menjadi sebab wilayah itu tak jadi dikunjungi.

"Akhirnya kita geser ke Manado, disana gak bisa juga kita geser ke Denpasar, teryuata disana gak bisa karena ada beberapa hal," ujarnya di TPS 023 Cluster Magnolia, Pakulonan, Serpong Utara, Kota Tangsel, hari ini.

3. Tangsel dipilih lantara dekat dengan DKI Jakarta

Ketua KPU Optimis Partisipasi Pemilih Tangsel 70 PersenElection Visit Program Pilkada Serentak 2020 di Tangsel (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Menurut Arief, karena waktu yang sudah mepet maka dicarilah yang dekat dengan Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, dari situlah terpilihnya Pilkada Tangsel menjadi tempat observasi EVP kali ini.

"Karena waktu sudah mepet kita cari yang dekat dari Jakarta, total partisipasi yang ikut dalam kegiatan EVP ini 120an dari dalam negeri dari luar negeri," kata dia. 

Baca Juga: Berebut Tahta Wali dan Wakil Kota Tangsel, Ini Visi Misi 3 Paslon

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya