[LINIMASA] Kronologi Penusukan dan Kabar Terbaru Wiranto

Sampai hari ini Wiranto masih terbaring di RSPAD 

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto ditikam di di Alun-alun Menes, Pandeglang, Banten, Kamis (10/10). Insiden tersebut terjadi sesaat setelah Wiranto turun dari helikopter untuk menghadiri acara peresmian gedung bersama di Universitas Mathlaul Anwar.

Akibat insiden ini Wiranto mengalami luka tusuk dan segera dilarikan ke rumah sakit. Berikut kronologi kejadian hingga update kondisi terbaru dari Wiranto.

1. Ini kronologi penusukan Wiranto menurut Polda Banten

[LINIMASA] Kronologi Penusukan dan Kabar Terbaru WirantoANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Kabid Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi mengatakan pada pukul 08.57 WIB, Wiranto bersama rombongan tiba di Alun-alun Menes, Desa Purwaraja, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang. Mereka disambut Kapolda Banten, Danrem 064/MY, Bupati Pandeglang, Dandim 0601/Pandeglang dan Kapolres Pandeglang.

Dari lokasi itu, pukul 09.05 WIB, Wiranto dan rombongan berjalan menuju Kampus Universitas Mathlaul Anwar Banten, yang berlokasi di Jalan Raya Labuan KM 23, Kampung Cikaliung, Desa Sindanghayu Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

"Pukul 09.17 WIB, Wiranto bersama rombongan tiba di Kampus Universitas Mathlaul Anwar Banten, untuk menghadiri peresmian gedung perkuliahan Universitas Mathlaul Anwar (Unma)," kata Edi dalam keterangan tertulis, Kamis (10/10).

Usai mengikuti acara peresmian, pukul 10.47 WIB, Wiranto dan rombongan menuju ruang transit di Gedung I Unma untuk makan siang. Pada pukul 11.00 WIB, Wiranto menemui presiden mahasiswa (Presma) Unma dalam acara penyampaian aspirasi.

Kemudian, pukul 11.30 WIB, Wiranto dan rombongan meninggalkan Unma kembali Menuju Alun-alun Menes. Pukul 11.50 WIB, tiba di Alun-alun Menes.

"Di saat keluar mobil sekitar pukul tersebut, dia ditusuk pisau dari arah belakang oleh pelaku yang diduga bernama Syahrial Alamsyah. Wiranto tersungkur. Pelaku diamankan," kata Edi.

Sekitar pukul 11.55 WIB, Wiranto tiba di Klinik Menes Medical Center, Menes untuk mendapat pertolongan, lalu ia dirujuk ke RSUD Pandeglang Kaduhejo, Pandeglang pukul 12.00 WIB. Wiranto kemudian dirujuk lagi ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Wiranto segera dibawa ke RSUD Berkah Pandeglang guna mendapatkan pertolongan medis. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui kondisi Wiranto yang terbaru.

Kapolda Banten dalam jumpa persnya mengatakan, Irjen Pol Tomsi Tohir mengatakan dua orang pelaku yang menyerang rombongan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Republik Indonesia Wiranto menggunakan pisau belati dan gunting.

Dua pelaku berinisial SA adalah warga Medan, Sumatera Utara, dan FA warga Brebes, Jawa Tengah. Kedua pelaku yang merupakan pasangan suami istri tersebut baru tinggal dua bulan di Menes, Pandeglang.

Sementara itu, banyaknya komentar di dunia maya soal adanya settingan dalam peristiwa penusukan Wiranto, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo menepis penilaian tersebut.

Sebab, seseorang yang terpapar paham radikal ISIS membutuhkan proses yang panjang.

"Tidak mungkin ada yang merekayasa itu. Ini jaringannya banyak. Banyak agendanya dan kita waspadai bersama," jelas Dedi di Mabes Polri, Jakarta.

Dari informasi yang didapat dari pihak kepolisian, korban atas peristiwa itu sendiri. Kapolsek Mene, Ajudan Dandim dan satu orang lagi merupakan tokoh adat di wilayah Menes, Banten.

Baca Juga: Jenguk Wiranto, Aburizal Bakrie: Kelingkingnya Juga Luka

2. Dirut RSUD Pandeglang: Wiranto luka dua tusukan pada perut bagian kiri

[LINIMASA] Kronologi Penusukan dan Kabar Terbaru WirantoIDN Times/Istimewa

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang Firmansyah mengatakan pihaknya menangani langsung Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. Menurut Firman, Wiranto terkena dua tusukan di bagian perut kiri bawah

“Datang kemari dalam kondisi stabil dan sadar, ada dua tusukan di bagian perut bagian kiri bawah,” kata Firmansyah, Pandeglang, Banten, Kamis (10/10).

Firmansyah menjelaskan pihaknya hanya menangani tahapan awal, tidak mengoperasi perut yang terkena luka tusukan.

“Di sini hanya menstabilkan saja kondisi Beliau, apakah terjadi pendarahan atau tidak,” kata dia.

Untuk penanganan lebih lanjut, Wiranto kemudian dibawa ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

“Dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” kata Firmansyah.

3. Dua menteri standby di RSPAD kawal penanganan medis Wiranto

[LINIMASA] Kronologi Penusukan dan Kabar Terbaru WirantoIDN Times/Dini Suciatiningrum

Wiranto tiba di RSPAD Gatot Soebroto pada pukul 14.40 WIB. Ia diterbangkan dengan Helikopter dan mendarat di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, lalu menuju ke RSPAD lewat jalur darat.

Dia diturunkan di depan pintu Medical Checkup (MCU) RSPAD Gatot Soeborto, yang jaraknya sekitar 200 meter dari pintu IGD. 

Presiden Joko "Jokowi" Widodo datang pada Kamis (10/10). Jokowi tiba di RSPAD sekitar pukul 16.03 WIB.

Usai membesuk Wiranto, Jokowi pun memberikan keterangan pers kepada wartawan tentang kondisi Wiranto. Ia menyampaikan, saat ini kondisi Wiranto tengah dalam penanganan dokter dan sedang dioperasi.

"Beliau masih dalam penanganan oleh tim dokter di RSPAD dalam proses operasi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan saat datang kabar Wiranto ditusuk, ia pun langsung memerintahkan agar mantan Panglima TNI tersebut segera dibawa ke RSPAD untuk dilakukan perawatan.

"Tadi hanya beberapa menit setelah kejadian penusukan dengan pisau oleh teroris kepada Menko Polhukam Bapak Wiranto, saya langsung dapat laporan dan langsung perintahkan yang ada di lapangan untuk segera dibawa dengan heli menuju ke Jakarta, RSPAD," terang dia.

Jokowi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memerangi radikalisme dan terorisme, sehingga negara bisa lebih aman.

"Kepada seluruh masyarakat, kami ajak bersama memerangi radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Hanya dengan upaya bersama terorisme dan radikalisme bisa kita selesaikan dan berantas dari negara yang kita cintai," kata Jokowi.

4. Jenguk Wiranto, JK: pertama kali ada orang melukai pejabat dengan ditikam

[LINIMASA] Kronologi Penusukan dan Kabar Terbaru WirantoIDN Times/Muhammad Khadafi

Di hari yang sama, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga mengunjungi Wiranto. Usai menjenguk, JK lantas memberikan keterangan pers dan memberikan update terkini mengenai kondisi Wiranto pasca mengalami luka tusuk.

JK mengatakan, kasus penusukan Wiranto oleh anggota Jemaah Ansharut Daulah bernama Syahrial Alamsyah alias Abu Rara, JK mengaku peristiwa itu tidak disangka-sangka.

"Ini pertama kali ada orang yang mencederai pejabat dengan tikaman," katanya.

JK menegaskan sampai saat ini isu radikalisme di Indonesia masih terus berkeliaran. Dia  menyebut polisi, Densus 88 Antiteror dan Badan Intelijen Negara selalu memperingatkan adanya gejala-gejala radikalisasi itu.

5. Jenguk Wiranto, Prabowo sebut penusukan Wiranto sebagai aksi liar

[LINIMASA] Kronologi Penusukan dan Kabar Terbaru WirantoIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Ketua Umum Prabowo Subianto prihatin dengan peristiwa penusukan terhadap Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto yang dianggap rekayasa oleh segelintir pihak.

"Beliau senior saya. Saya tidak melihat ada rekayasa. Saya tidak melihat," kata Prabowo usai membesuk Jenderal Purnawirawan TNI itu di RSPAD Gatot Subroto, Jumat (11/10).

Prabowo mengatakan bahwa kekerasan seperti yang dialami Wiranto bukanlah budaya bangsa Indonesia.

Prabowo juga tidak melihat peristiwa yang dialami Wiranto merupakan kecolongan pihak pengamanan.

Ia menganggap peristiwa penusukan Wiranto sebagai suatu aksi liar yang sulit untuk dicegah.

6. Jenguk Wiranto, Yusril dan La Nyala pastikan penusukan Wiranto serius

[LINIMASA] Kronologi Penusukan dan Kabar Terbaru WirantoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra menyebut kondisi Menko Polhukam Wiranto berangsur membaik. Diperkirakan butuh waktu sepekan untuk pemulihan luka di bagian perut Wiranto yang terkena tusukan penyerangan Abu Rara.

"Saya barusan datang jenguk Pak Wiranto, tapi beliau sedang beristirahat," ujar Yusril setelah menjenguk Wiranto di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Sabtu (12/10).

Yusril sempat berbincang dengan menantu Wiranto. Kondisi Wiranto yang kini berada di ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU) sudah membaik.

"Dia (menantu) menjawab keadaan Pak Wiranto makin pulih, membaik, dan berangsur-angsur pulih lukanya. Meski harus butuh waktu seminggu untuk memulihkan usus yang terluka karena penusukan," sambung dia. 

Peristiwa penusukan Wiranto ini disebut Yusril sebagai peristiwa yang serius. Karena itu, butuh peningkatan kewaspadaan. 

"Kalau dilihat dari segi luka yang dialami, seperti yang kita ketahui, keadaannya serius, tidak bisa dianggap menjadi sebuah perbuatan main-main. Ini merupakan suatu peringatan buat kita semua untuk lebih meningkatkan kewaspadaan untuk meningkatkan pengamanan agar tidak terjadi hal hal seperti yang dialami Pak Wiranto," imbuhnya.

Di hari yang sama, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla Mahmud Mattalitti memastikan penusukan yang menimpa Menko Polhukam Wiranto bukanlah sebuah rekayasa.

"Kalau ada yang beranggapan ini setting-an, mana ada orang mau di-setting untuk ditikam apalagi beliau kan pejabat tinggi, saya lihat hasil operasinya 47 centimeter ususnya dipotong, baru disambung kembali," kata Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti usai membesuk Wiranto, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Menurut dia anggapan rekayasa oleh sejumlah kalangan itu tidak masuk akal, karena sampai hari ke tiga pascapenusukan Wiranto masih terbaring mendapatkan perawatan.

7. Jenguk Wiranto, ini kata Ma'ruf Amin

[LINIMASA] Kronologi Penusukan dan Kabar Terbaru WirantoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Ma'ruf Amin meminta penanganan radikalisasi, intoleransi dan terorisme di Indonesia tidak dilakukan secara represif pada Minggu, (14/10).

"Pencegahannya lebih intensif, dan ke depannya dengan cara yang soft, artinya tidak represif tapi pendekatannya yang soft untuk menangkal mau pun mengembalikan mereka yang terpapar," ujar Ma'ruf di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta, seusai besuk Menko Polhukam Wiranto.

Ma'ruf berharap ke depan penanganan radikalisasi, intoleransi dan terorisme bisa dilakukan secara lebih intensif, baik dari segi struktural mau pun kultural.

8. Hingga Minggu sudah banyak tokoh negara yang jenguk Wiranto

[LINIMASA] Kronologi Penusukan dan Kabar Terbaru WirantoIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Berdasarkan informasi yang didapat, sejumlah pejabat sering Mantan Menteri Perindustrian RI, Saleh Husin, Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar HR Agung Laksono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Wakil Ketua MPR dari Partai Demokrat, Syarief Hasan.

Baca Juga: Jenguk Wiranto di RSPAD, Ma'ruf Amin: Beliau Sudah Bicara Lantang

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya