Comscore Tracker

Menanti Rombongan Mahasiswa Daerah, Peserta Aksi Demo Menginap di DPR

Mereka siap menyambut kawan mahasiswa yang tiba besok

Jakarta, IDN Times - Sejumlah massa aksi yang terdiri dari mahasiswa masih bertahan di area depan gerbang gedung DPR/MPR RI hingga sepanjang jalan Gatot Subroto sejauh satu kilometer hingga Senin (23/9) malam. Mereka berniat untuk bermalam di sana.

Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, sejumlah mahasiswa asal kampus ternama seperti Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Trisakti berada dalam kumpulan massa tersebut. Ada pula mahasiswa gabungan dari kampus di wilayah Tangerang, Banten seperti Universitas Islam Nasional (UIN) Jakarta, Universitas Muhamadiyah Jakarta, Universitas Pamulang (Unpam) dan Institut Teknologi Indonesia (ITI) Puspitek.

Mereka berkumpul sembari duduk di lokasi demonstrasi yang telah digelar sejak sekitar jam 14.00 WIB tadi. Kepada IDN Times, mereka menyampaikan rencana bermalam di lokasi tersebut sembari bersiap untuk kembali melakukan aksi pada esok hari (Selasa, 24/9).

Salah satu pimpinan aksi, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, Manik mengatakan mereka menginap di wilayah sekitar gedung DPR-MPR agar dapat langsung menyambut mahasiswa-mahasiswa lain dari luar Jabodetabek yang akan datang besok.

"Kita menginap sambil menunggu kawan yang akan datang besok dari Bandung, Lampung, Yogyakarta, dan kampus-kampus dari daerah yang sudah bergerak dari sore hari," kata Manik.

Manik mengatakan selain dari 30 kampus yang datang hari ini, akan ada ribuan mahasiswa dari daerah yang datang besok. Untuk itu, dia meminta aparat agar sama-sama menjaga situasi kondusif dan memperketat keamanan dengan cara persuasif.

"Kita sama-sama sepakat bahwa pengamanan harus ketat. Karena berkaca hari ini, banyak massa susah dikontrol," ungkapnya.

Rangkaian aksi yang dimulai sejak Kamis (19/9) ini diklaim sebagai usaha menuntaskan agenda reformasi. Massa aksi menolak pengesahan sejumlah perundangan yang disetujui DPR RI di antaranya, revisi UU KPK dan RKUHP. Aksi demonstrasi rencananya akan dilanjutkan hingga Selasa (24/9).

Ikuti terus perkembangan berita tentang aksi demonstrasi mahasiswa tersebut hanya di IDN Times.

Baca Juga: Demo Ricuh, Mahasiswa Goyang Pagar Gedung DPR hingga Rusak

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You