Comscore Tracker

Viral Video Ayah Bopong Jenazah Anak di Tangerang, Ini Faktanya

Puskesmas Cikokol menolak keluarga korban gunakan ambulans

Tangerang, IDN Times - Seorang pria membopong jenazah anaknya pulang ke rumah duka karena tak diperbolehkan pihak puskesmas menggunakan mobil ambulans. Peristiwa ironi yang menjadi viral di media sosial itu terjadi di Cikokol, Tangerang pada Jumat (23/8).

Berdasarkan informasi yang diterima IDN Times, Puskesmas Cikokol menolak memberikan pelayanan ambulans milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang kepada pihak keluarga korban tenggelam di Sungai Cisadane karena dianggap tak sesuai Standar Oprasional Prosedur (SOP). Sehingga jasad korban yang bernama Husein (8) terpaksa dibopong keluarganya dari puskesmas menuju rumah duka yang berlokasi di Kampung Kelapa, Kota Tangerang, dengan hanya ditutupi kain.

Warga yang iba melihat ayah korban membopong jenazah anaknya itu kemudian menawarkan mobilnya untuk membawa jenazah ke rumah duka. 

1. Ambulans hanya boleh mengangkut pasien yang masih bernyawa

Viral Video Ayah Bopong Jenazah Anak di Tangerang, Ini FaktanyaIDN Times/Irma Yudistirani

Husein (8) yang ditemukan tenggelam di Sungai Cisadane dibawa ke Puskesmas Cikokol untuk mendapatkan pertolongan. Namun nahas, nyawa bocah itu tidak tertolong.

Ketika dinyatakan meninggal dunia, pihak puskesmas mengatakan tidak bisa mengantarkan jasad anak itu dengan alasan ambulans tidak bisa membawa jenazah karena hanya diperbolehkan untuk membawa pasien yang masih bernyawa.

Alasan itu dianggap sesuai dengan standar operasional prosedur Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

Baca Juga: 3 Fakta Kematian Calon Paskibra Aurel di Tangerang Selatan

2. Dinkes sebut dalam ambulans banyak alat medis yang harus steril

Viral Video Ayah Bopong Jenazah Anak di Tangerang, Ini FaktanyaIDN Times/Irma Yudistirani

Dari keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kepala Dinas Kesehatan kota Tangerang, Liza Puspadewi menjelaskan, ambulans hanya dipergunakan bagi pasien dalam kondisi gawat darurat yang memerlukan tindakan segera.

"Ditambah di dalam mobil ambulans banyak alat medis yang harus dalam kondisi steril," jelas Liza, Minggu (25/8).

3. Jika ambulans membawa jenazah dikhawatirkan mencemari peralatan medis

Viral Video Ayah Bopong Jenazah Anak di Tangerang, Ini FaktanyaIlustrasi jenazah. (IDN Times/Sukma Shakti)

Liza mengatakan, apabila ambulans membawa jenazah bocah tersebut, kondisi alat-alat medis yang berada di dalamnya dikhawatirkan bisa berdampak pada pasien selanjutnya.

"Kalau digunakan untuk jenazah, khawatir akan berdampak pada pasien yang nantinya menggunakan ambulans tersebut," kata Liza.

4. Dinkes Kota Tangerang minta maaf pada keluarga korban

Viral Video Ayah Bopong Jenazah Anak di Tangerang, Ini FaktanyaIDN Times/Sukma Shakti

Terkait peristiwa tersebut, Dinas Kesehatan Kota Tangerang mewakili Pemerintah Kota Tangerang meminta maaf kepada pihak keluarga korban.

"Mewakili Pemkot Tangerang, saya mohon maaf kepada keluarga korban yang tenggelam," kata Liza melalui keterangan tertulis.

Dia melanjutkan, Pemerintah Kota Tangerang memiliki pelayanan mobil jenazah gratis yang dapat dimanfaatkan masyarakat melalui call center 112. Sebab, ambulans hanya dapat dipergunakan bagi pasien dalam kondisi yang gawat darurat dan memerlukan tindakan segera.

"Selain ambulans, pemkot juga telah menyediakan fasilitas mobil jenazah melalui panggilan darurat 112," ujar dia.

Baca Juga: Dinas Kesehatan: 4.000 Orang Alami Gangguan Jiwa di Tangerang 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You