Pulang Dari Tiongkok dan Demam, 5 Warga Tangerang Negatif Corona

Satu orang dirujuk ke RS Sulianti Saroso

Tangerang, IDN Times - Lima warga Kabupaten Tangerang sempat berstatus suspect  virus corona strain baru, covid-19. Namun, dari hasil pemeriksaan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, kelimanya dinyatakan negatif corona. 

Mereka sebelumnya baru kembali dari Tiongkok. Kelimanya pun kemudian menjalani karantina dan observasi di rumah sakit. 

Baca Juga: COVID-19, Nama Baru Virus Corona yang Mewabah

1. Kelima warga Kabupaten Tangerang itu sempat demam

Pulang Dari Tiongkok dan Demam, 5 Warga Tangerang Negatif Coronasuara surabaya

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi menjelaskan, lima warga diduga terpapar virus Corona setelah kepulangan mereka dari Tiongkok.

"Ada 5 yang ter-suspect," ungkap Hendra Tarmizi Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Tangerang Rabu (12/2). Kelimanya juga sempat demam setelah pulang dari Negeri Tirai Bambu itu. 

Dari hasil pemeriksaan, kata dia, lima warga itu dinyatakan negatif virus corona. Meski demikian, ada satu warga yang masih butuh perawatan intensif. 

2. Satu orang dirujuk ke RS Sulianti Saroso

Pulang Dari Tiongkok dan Demam, 5 Warga Tangerang Negatif CoronaSeorang anggota komite desa memakai masker dan rompi, menghentikan mobil untuk diperiksa saat ia menjaga jalan masuk ke komunitas untuk mencegah warga luar masuk, saat negeri tersebut sedang terjadi penularan virus corona baru, di desa Tianjiaying, pinggiran kota Beijing, Tiongkok, pada 29 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

Hendra mengatakan, dari lima warga, empat diantaranya diperbolehkan pulang ke rumah lebih dulu setelah menjalani masa pemantauan medis selama 14 hari. Sedangkan satu pasien dari RS Ciputra akhirnya dirujuk ke RS Sulianti Saroso.

"Dan dari hasil pemeriksaan laboratorium di sana, dinyatakan negatif. Memang dia juga baru pulang setelah merayakan Imlek di sana," terangnya.

3. Empat warga yang dibolehkan pulang tetap harus memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan

Pulang Dari Tiongkok dan Demam, 5 Warga Tangerang Negatif Corona(Petugas penerima spesimen di Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Sri Oemijati, Selasa (11/2/2020)) IDN Times/Dini Suciatiningrum

Hendra menjelaskan, mereka yang sudah diperbolehkan pulang harus rutin memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan. Tujuannya untuk mengetahui kondisi daya tahan tubuh pasien.

"Jadi selama 14 hari mereka harus melaporkan kondisinya, apakah masih terjadi demam, apakah ada sesak napas. Syukurnya, keempat orang yang dalam pemantauan kami ini terus menunjukkan kondisi yang lebih baik dan sudah sehat kembali," ucap dia.

Hendra memastikan, selain lima warga Kabupaten Tangerang itu, belum ada lagi warga Tangerang, yang dinyatakan suspect virus mematikan tersebut.

"Itu kasus seminggu kemarin, sampai hari baru lima warga tadi saja. Memang kelima WNI ini setelah berpergian dari China, bukan dalam satu keluarga," ucapnya.

Baca Juga: Diterpa Virus Corona, Penjualan Sop Kelelawar Ikut Anjlok

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya