Comscore Tracker

Diprediksi, Ribuan Warga Tangerang Ikut Aksi "People Power" 22 Mei

Imbauan tak ikut aksi tak menyurutkan langkah

Tangerang, IDN Times- Banyaknya imbauan untuk tidak datang ke Jakarta tak menyurutkan langkah ribuan massa dari Tangerang. Mereka diprediksi akan ikuti aksi 22 Mei, memprotes dugaan kecurangan pada pemilu serentak 2019.

Hal tersebut diketahui dari pernyataan pengurus Forum Bersama Tangsel (Forbest) Arif Wahyudi. Dia menyatakan ribuan massa akan berangkat ke Jakarta dengan titik kumpul di KPU Pusat.

Baca Juga: Prabowo Mengimbau Pendukungnya Gelar Aksi yang Damai

1. 20 ribu massa diprediksi berangkat dari Tangsel ke Jakarta

Diprediksi, Ribuan Warga Tangerang Ikut Aksi People Power 22 MeiIDN Times/Denisa Tristianty

Sekitar 20 ribu orang akan berangkat ke Jakarta pada 22 Mei dari Tangerang Selatan, seperti yang diberitakan oleh Arif kepada IDN Times, Senin (20/5).

"Bila PKS tidak diinstruksi untuk turun, massa sekitar 20 ribu. Bila DPP PKS instruksi, mungkin bisa 50 ribu," kata Arif.

Selain dari pernyataan Arif itu, informasi yang beredar di grup-grup WhatsApp yang ada di kota Tangsel pun menyebutkan banyak masyarakat yang akan berangkat ke Jakarta untuk ikut aksi 22 Mei.

2. PKS memastikan tak ada instruksi untuk ikuti aksi 22 Mei

Diprediksi, Ribuan Warga Tangerang Ikut Aksi People Power 22 MeiIDN Times/Yogi Pasha

Sementara itu, Siti Chodijah selaku pengurus Koordinator Wilayah (Korwil) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat menyatakan tak ada instruksi untuk para kader dan simpatisan PKS mengikuti aksi 22 Mei, saat dikonfirmasi oleh IDN Times.

Menurutnya, meski tidak ada instruksi, PKS tidak melarang kader dan simpatisan untuk ikut dalam aksi 22 Mei secara pribadi.

"Sampai saat ini, gak ada instruksi, tapi kalau ada yang tetap mau datang ya silakan, kan itu hak setiap warga negara dan diatur dalam konstitusi," kata dia.

3. PKS akan bikin pansus

Diprediksi, Ribuan Warga Tangerang Ikut Aksi People Power 22 MeiANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

PKS sendiri, lanjut Chodijah, akan menempuh jalur konstitusi lain melalui pansus di DPR RI.

"Kita ingin tidak ada pemilu curang, makanya jalur konstitusional ditempuh, yaitu dengan bikin pansus," tutup Chodijah.

4. Polres Tangerang akan gelar pasukan untuk mengetahui pergerakan massa

Diprediksi, Ribuan Warga Tangerang Ikut Aksi People Power 22 MeiAntara foto

Aparat Polresta Tangerang, Banten sendiri akan menggelar pengamanan aksi 22 Mei 2019 di setiap Polsek, agar dapat mengetahui secara dini pergerakan massa menuju kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta.

"Saat ini, telah dilakukan gelar pasukan oleh Polsek Pasar Kemis dan Polsek Cisoka," kata Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif di Tangerang, Senin (20/5).

5. Polres Tangerang melarang masyarakat ikuti aksi

Diprediksi, Ribuan Warga Tangerang Ikut Aksi People Power 22 MeiIDN Times/Denisa Tristianty

Sabilul mengatakan pihaknya berupaya untuk melarang ajakan "people power" oleh pihak tertentu kepada warga setempat. Tapi, bila mereka tetap bersikeras pergi ke Jakarta, diperlukan pengawalan.

Petugas akan mengawal aksi demo mulai dari Kabupaten Tangerang hingga ke Jakarta karena diperkirakan mereka berangkat menggunakan bus, angkutan pribadi, sepeda motor, dan kereta api.

Sementara itu, dikonfirmasi secara terpisah bahwa hingga saat ini, belum ada arahan dari Polres Tangsel terkait rencana aksi 22 Mei.

"Belum monitor," kata Kasubag Humas Polres Tangsel Iptu Sugiyono, saat dihubungi IDN Times.

Baca Juga: [BREAKING] KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Pemenang Pilpres 2019

Topic:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya