Ribuan Warga Tangerang Diprediksi Ikut Aksi "People Power" 22 Mei

Polres Tangerang larang masyarakat ikuti aksi

Tangerang, IDN Times- Meski banyak imbauan untuk tidak datang ke Jakarta, ribuan massa dari Tangerang diprediksi akan ikuti aksi 22 Mei, memprotes dugaan kecurangan pada pemilu serentak 2019.

Hal tersebut diketahui dari pernyataan pengurus Forum Bersama Tangsel (Forbest) Arif Wahyudi, yang menyatakan ribuan massa akan berangkat ke Jakarta dengan titik kumpul di KPU Pusat.

Baca Juga: Prabowo Mengimbau Pendukungnya Gelar Aksi yang Damai

1. 20 ribu massa dari Tangsel diprediksi berangkat ke Jakarta

Ribuan Warga Tangerang Diprediksi Ikut Aksi People Power 22 MeiIDN Times/Denisa Tristianty

Kepada IDN Times pada Senin (20/5), Arif mengatakan sekira 20 ribu orang akan berangkat ke Jakarta pada 22 Mei dari Tangerang Selatan.

"Bila PKS tidak diinstruksi untuk turun, massa sekitar 20 ribu. Bila DPP PKS instruksi, mungkin bisa 50 ribu," kata Arif.

Selain pernyataan Arif, informasi yang beredar di grup-grup WhatsApp yang ada di kota Tangsel menyatakan banyak masyarakat akan berangkat ke Jakarta untuk ikut aksi 22 Mei.

2. PKS pastikan tak ada instruksi ikuti aksi 22 Mei

Ribuan Warga Tangerang Diprediksi Ikut Aksi People Power 22 MeiIDN Times/Yogi Pasha

Sementara saat dikonfirmasi, Siti Chodijah, pengurus Koordinator Wilayah (Korwil) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat menyatakan tak ada instruksi untuk para kader dan simpatisan PKS mengikuti aksi 22 Mei.

Diterangkan Chodijah, meski tidak adanya instruksi, PKS tidak melarang kader dan simpatisan untuk ikut dalam aksi 22 Mei secara pribadi.

"Sampai saat ini, gak ada instruksi, tapi kalau ada yang tetap mau datang ya silakan, kan itu hak setiap warga negara dan diatur dalam konstitusi," kata Chodijah.

3. PKS tempuh jalur konstitusi lain dengan bikin pansus

Ribuan Warga Tangerang Diprediksi Ikut Aksi People Power 22 MeiANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

PKS sendiri, lanjut Chodijah, akan menempuh jalur konstitusi lain melalui pansus di DPR RI.

"Kita ingin tidak ada pemilu curang, makanya jalur konstitusional ditempuh bikin pansus," tutup Chodijah.

4. Polres Tangerang gelar pasukan untuk ketahui pergerakan massa aksi

Ribuan Warga Tangerang Diprediksi Ikut Aksi People Power 22 MeiAntara foto

Diketahui, aparat Polresta Tangerang, Banten, menggelar pengamanan aksi 22 Mei 2019 di setiap Polsek agar dapat mengetahui secara dini pergerakan massa menuju kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta.

"Saat ini, telah dilakukan gelar pasukan oleh Polsek Pasar Kemis dan Polsek Cisoka," kata Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif di Tangerang, Senin (20/5).

5. Polres Tangerang larang masyarakat ikuti aksi

Ribuan Warga Tangerang Diprediksi Ikut Aksi People Power 22 MeiAntara foto

Dikatakan Sabilul, pihaknya berupaya untuk melarang ajakan "people power" oleh pihak tertentu kepada warga setempat, tapi bila mereka tetap ngotot ke Jakarta, maka perlu pengawalan.

Petugas mengawal aksi demo mulai dari Kabupaten Tangerang hingga ke Jakarta karena diperkirakan mereka berangkat menggunakan bus, angkutan pribadi, sepeda motor, dan kereta api.

Sementara itu, dikonfirmasi secara terpisah bahwa hingga saat ini, Polres Tangsel belum ada arahan terkait rencana aksi 22 Mei.

"Belum monitor," kata Kasubag Humas Tangsel, Iptu Sugiyono saat dihubungi.

Baca Juga: [BREAKING] KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Pemenang Pilpres 2019

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya