Comscore Tracker

Cegah Kemacetan di Jalur Mudik, Satlantas Tangerang Siapkan Skema Ini

Selain kanalisasi, juga akan dilakukan rekayasa lalu lintas

Tangerang, IDN Times - Mengantisipasi kemacetan di jalur mudik, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Tangerang, Banten menyiapkan beberapa skema.

Skema itu disiapkan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan, terutama di jalur-jalur utama yang akan dilewati pemudik bermotor yang menuju arah ke Merak dan Jawa bagian barat.

Baca Juga: Tips Mudik Sehat dan Selamat ala Kementerian Kesehatan

1. Polresta Tangerang akan kanalisasi titik penyeberangan orang

Cegah Kemacetan di Jalur Mudik, Satlantas Tangerang Siapkan Skema IniDok. Istimewa

Kasat Lantas Polresta Tangerang Kompol Ari Satmoko mengatakan, salah satu skema yang akan diterapkan adalah skema kanalisasi. Menurutnya, kanalisasi lalu lintas adalah pemusatan titik penyeberangan orang pada satu titik, sehingga bisa mengurangi kemacetan.

"Skema itu diterapkan terutama di titik rawan kemacetan seperti Pasar Cikupa dan Pasar Gembong," kata Ari di Tangerang, Sabtu (25/5).

2. Polresta Tangerang siapkan rekayasa arus lalu lintas

Cegah Kemacetan di Jalur Mudik, Satlantas Tangerang Siapkan Skema IniDok. Istimewa

Ari juga menyebut akan melakukan rekayasa lalu lintas. Rekayasa arus lalu lintas akan dilakukan di Gerbang Citra Raya, Kecamatan Cikupa. Menurut dia, kendaraan yang menuju Serang dialihkan ke dalam kawasan Citra Raya dan berputar di arah bundaran pertama.

"Rekayasa alih arus ini juga didukung tim pengurai kemacetan atau Tim Raicet, yang bertugas sebagai tim reaksi cepat jika ada penumpukan kendaraan di titik tertentu," paparnya.

3. CCTV fokus pantau titik rawan macet

Cegah Kemacetan di Jalur Mudik, Satlantas Tangerang Siapkan Skema IniDok. Istimewa

Ari menambahkan, sarana dan prasarana pendukung kegiatan lalu lintas juga turut disiapkan. Ia menyebut, sudah menyiapkan peraga rekayasa lalu lintas dan memasang beberapa kamera CCTV.

Ari menjelaskan, titik rawan kemacetan pada jalur mudik cukup banyak. Oleh karena itu, dipasang CCTV yang dipantau di posko pelayanan Citra Raya. Informasi dari CCTV, lanjut dia, akan diteruskan ke Tim Pengurai Macet (Raicet).

"Juga sebagai bentuk pelayanan, kami mendirikan posko pelayanan di Gerbang Citra Raya. Silakan bagi para pemudik untuk beristirahat," tandasnya.

Baca Juga: Menteri BUMN: Tol Trans Sumatera Siap Layani Arus Mudik Lebaran 

Topic:

  • Sunariyah

Just For You