Survei Indikator: Muhamad-Saras Unggul di Pilkada Tangsel

Burhannudin sebut pasangan Benyamin-Pilar stagnan

Tangerang Selatan, IDN Times - Hasil survei lembaga survei Indikator pada Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyebut bahwa pasangan calon nomor urut 1 Muhamad-Rahayu Saraswati unggul dibanding dua paslon lain.

Ada pun dua paslon lain adalah Siti Nurazizah-Ruhamaben dan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan.

Dalam paparannya, Direktur Eksekutif Indikator, Burhannudin Muhtadi menjelaskan bahwa survei dilakukan pada bulan Agustus, September dan Oktober 2020. Dalam survei itu, responden yang memilih pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati terus meningkat dari awalnya masih di bawah pasangan Benyamin-Pilar yang sempat unggul.

Baca Juga: Berebut Tahta Wali dan Wakil Kota Tangsel, Ini Visi Misi 3 Paslon

1. Ini hasil survei Indikator di Pilkada Tangsel

Survei Indikator: Muhamad-Saras Unggul di Pilkada TangselSurvei Indikator di Pilkada Tangsel 2020 (Dok. IDN Times)

Dalam data yang ditampilkan Lembaga Survei Indikator, Selasa (17/11/2020) dijelaskan bahwa pada bulan Agustus 2020, pasangan Benyamin-Pilar unggul di angka 33,4 persen diikuti Muhamad-Saras dengan 18,1 persen dan Azizah-Ruhama dengan 7,5 persen. Sedangkan angka responden tidak tahu atau tidak jawab mencapai 41 persen.

Sementara pada September 2020, pasangan Benyamin-Pilar masih unggul di angka 33,9 persen diikuti Muhamad-Saras dengan 26,7 persen dan Azizah-Ruhama 13,1 persen. Sedangkan angka responden tidak tahu atau tidak jawab turun menjadi 26,4 persen.

Sementara pada Oktober 2020, pasangan Muhamad-Saras unggul dengan 36,2 persen diikuti Benyamin-Pilar 33,1 persen dan Azizah-Ruhama 15,4 persen. Sedangkan angka responden tidak tahu atau tidak jawab turun kembali di angka 15,3 persen.

2. Pasangan nomor urut 3 cenderung stagnan

Survei Indikator: Muhamad-Saras Unggul di Pilkada TangselPaslon di Pilkada Tangsel 2020 (IDN Times/M Shakti)

Burhannudin mengatakan pasangan nomor urut 3 Benyami-Pilar alami stagnasi dalam tiga bulan survei tersebut. "Benyamin-Pilar respondennya cukup stagnan dan stabil," kata Burhannudin.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel responden sebanyak 820 orang. Adapun margin of error sekitar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Survei dilakukan di seluruh kecamatan di Tangsel yang terdistribusi secara proporsional.

3. Pilkada Tangsel diikuti 3 paslon

Survei Indikator: Muhamad-Saras Unggul di Pilkada TangselPIlkada Tangsel (IDN Times/KPU Tangsel)

Sebagaimana diketahui, Pilkada Tangsel 9 Desember 2020 mendatang diikuti oleh tiga pasangan calon. Pasangan nomor urut 1 Muhamad-Saras, nomor urut 2 Azizah-Ruhama dan nomor urut 3 Benyamin-Pilar.

Baca Juga: PSI Tangsel: ASN Harus Tetap Netral pada Pilkada Tangsel 2020 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya