350 Personel TNI/Polri Amankan Pelantikan DPRD Balikpapan

Dijaga anjing pelacak dan dilengkapi metal detector

Balikpapan, IDN Times - Sedikitnya 350 personel TNI/Polri akan dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan pelantikan anggota DPRD terpilih periode 2019-2024. Pelantikan anggota DPRD Balikpapan terpilih akan dilaksanakan di Dome Balikpapan Sport and Convention Center atau Dome BSCC pada tanggal 26 Agustus 2019.

"Sedikitnya 350 personel TNI/Polri akan dikerahkan untuk mengamankan pelantikan," kata Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan DPRD Balikpapan Periode 2019-2024, Makmur, Minggu (24/08/2019).

1. Disiapkan anjing pelacak dan metal detector

350 Personel  TNI/Polri Amankan Pelantikan DPRD BalikpapanIDN Times/Maulana

"Pelaksanaan pelantikan akan dilakukan dengan penjagaan ketat dari personel TNI/Polri,  dengan dilengkapi anjing pelacak dan metal detector," kata Makmur yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kota Balikpapan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan selama acara pelantikan berlangsung terhadap kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Personel yang diturunkan berasal dari Polres Balikpapan, Brimob dan Kodim 0905 Balikpapan.

"Kesuksesan acara ini, menyangkut nama baik Kota Balikpapan," jelasnya.

2. Tidak bawa undangan dilarang masuk

350 Personel  TNI/Polri Amankan Pelantikan DPRD BalikpapanIDN Times/Maulana

Pelaksanaan pelantikan anggota DPRD terpilih akan dilaksanakan secara tertutup, hanya peserta yang membawa undangan yang diperbolehkan masuk ke lokasi pelaksanaan pelantikan.

"Bagi yang tidak bawa undangan dipastikan tidak boleh masuk," tegasnya.

Total tamu undangan yang akan hadir mencapai 5 ribu orang yang merupakan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD), anggota keluarga anggota DPRD terpilih, organisasi kemasyarakatan (ormas) hingga pengurus RT se-Kota Balikpapan.

3. Pengamanan lokasi dibantu personel dari Dinas Perhubungan dan Satpol PP

350 Personel  TNI/Polri Amankan Pelantikan DPRD BalikpapanIDN Times/Maulana

Pengamanan terhadap pelaksanaan pelantikan anggota DPRD Kota Balikpapan akan dilaksanakan secara maksimal, selain menurunkan petugas dari kepolisian dan TNI, sedikitnya 170 personel Dishub dan 80 personel dari Satpol PP juga diturunkan ke lokasi pelantikan.

Mereka bertugas untuk mengamankan lokasi di sekitar areal parkir, sehingga pelaksanaan pelantikan dapat berlangsung dengan lancar. Selain itu, pihaknya juga telah mempersiapkan kendaraan pembangkit listrik untuk memastikan kelancaran distribusi listrik ketika acara sedang berlangsung. Total anggaran untuk pelaksanaan pelantikan kali ini, tercatat mencapai Rp1 miliar, sementara anggaran keamanan berkisar Rp100 juta.

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya