Comscore Tracker

Teror Corona, Kemenkes: Belum Ada Pembatasan Turis Tiongkok ke RI

Kemenkes siagakan 100 rumah sakit

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah belum melakukan pembatasan terhadap turis asal Tiongkok ke Indonesia, terkait status kewaspadaan terhadap penyebaran virus Corona.

Kepala Seksi Karantina Pelabuhan dan Bandara Kementerian Kesehatan Gunawan Nugroho mengatakan, belum ada kenaikan status terkait kewaspadaan terhadap ancaman virus Corona.

Gunawan menjelaskan hingga kini belum ada pembatasan terhadap warga negara asing, khususnya warga negara asal Tiongkok yang melakukan perjalanan ke wilayah Indonesia.

“Belum ada pembatasan,” kata Gunawan di Hotel Novotel Balikpapan, Selasa (28/1).

1. Pemerintah menyiagakan 100 rumah sakit rujukan suspect virus Corona

Teror Corona, Kemenkes: Belum Ada Pembatasan Turis Tiongkok ke RIVirus Corona juga berimbas hingga ke Hong Kong. (IDN Times/Yogi Pasha)

Dalam menanggulangi ancaman serangan virus Corona, Kementerian Kesehatan telah menetapkan sedikitnya 19 wilayah di Indonesia, termasuk Kota Balikpapan, sebagai wilayah dengan status waspada terhadap penyebaran virus mematikan ini.

Kota Balikpapan merupakan wilayah yang menjadi pintu gerbang Provinsi Kalimantan Timur, dengan keberadaan bandara dan pelabuhan bertaraf internasional.

Gunawan menjelaskan berdasarkan pengalaman penanganan ancaman virus sebelumnya seperti SARS dan H5N1, Kemenkes telah memiliki prosedur yang telah ditetapkan untuk penanganan terhadap ancaman virus. Sehingga secara umum, Kementerian Kesehatan sudah siap untuk menangani ancaman penyebaran virus di Indonesia.

“Kita sudah siap, berdasarkan pengalaman penanganan kasus SARS dulu, kami masih punya dokumen yang menjadi rujukan untuk penanganan ancaman virus,” kata dia.

Gunawan mengatakan untuk mencegah penyebaran virus Corona, Kemenkes telah meningkatkan kewaspadaan dengan memperketat pengawasan di tingkat wilayah hingga bandara. Serta menyiagakan sekitar 100 rumah sakit, untuk mengantisipasi ketika ditemukan pasien yang diduga terjangkit virus Corona.

Baca Juga: Teror Corona, Pemerintah Pasok Makanan dan Kebutuhan Lain WNI di Wuhan

2. Belum ada pasien yang positif terjangkit virus Corona di Indonesia

Teror Corona, Kemenkes: Belum Ada Pembatasan Turis Tiongkok ke RIRSUD Blambangan menyiapkan ruang isolasi bila ada pasien terjangkit virus Corona. (IDN Times/Istimewa)

Gunawan menyebutkan hingga kini, dipastikan belum ada pasien, baik dari warga negara Indonesia atau asing, yang positif terjangkit virus Corona. Hal itu sekaligus mengklarifikasi informasi yang marak beredar di media sosial.

“Kita selalu terbuka, secara nasional sampai saat ini tidak ada, ada beberapa indikasi hasil negatif, sehingga masyarakat tidak perlu panik,” ujar dia.

Gunawan memastikan wilayah Indonesia masih bebas dari penularan virus Corona, sehingga belum ada peningkatan status terhadap bahaya virus ini dari status waspada yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Status kita masih biasa, belum ada warning siaga satu. Kami sudah ada edaran untuk meningkatkan kewaspadaan dari wilayah hingga ke KPPP (Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan),” terang dia.

3. Pemerintah tingkatkan pemantauan suhu tubuh di bandara

Teror Corona, Kemenkes: Belum Ada Pembatasan Turis Tiongkok ke RIIlustrasi virus Corona yang sudah menyebar ke 15 negara. (IDN Times/Arief Rahmat)

Gunawan mengatakan Kementerian Kesehatan juga telah membuat surat edaran kepada sejumlah daerah, dan sedikitnya 22 kantor kesehatan pelabuhan di bandara, untuk meningkatkan pengawasan.

Utamanya bagi penumpang yang baru datang dari beberapa negara yang telah terjangkit virus Corona. Pemantauan antara lain dengan menggunakan thermo scan atau pendeteksi suhu tubuh penumpang.

Teror Corona, Kemenkes: Belum Ada Pembatasan Turis Tiongkok ke RIIDN Times/Arief Rahmat

Baca Juga: Sempat Dirawat di Kepri, Tujuh Turis Tiongkok Negatif Corona

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya