KKP: Ancaman Virus Corona, Belum Ada Pembatasan Turis Asal Tiongkok

Siagakan 100 rumah sakit

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Indonesia menyatakan tidak melakukan pembatasan terhadap turis asal Tiongkok terkait status kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona. Kepala Seksi Karantina Pelabuhan dan Bandara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Gunawan Nugroho mengatakan belum ada kenaikan status terkait kewaspadaan terhadap ancaman virus corona.

Ia menjelaskan hingga kini belum ada pembatasan terhadap warga negara asing khususnya warga negara asal Tiongkok yang melakukan perjalanan ke wilayah Indonesia.

“Belum ada pembatasan,” kata Gunawan ketika diwawancarai wartawan di Hotel Novotel Balikpapan, Selasa (28/1).

1. Siagakan 100 rumah sakit rujukan

KKP: Ancaman Virus Corona, Belum Ada Pembatasan Turis Asal Tiongkokunsplash/Hao Shaw

Dalam menanggapi ancaman terhadap serangan virus corona, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menetapkan sedikitnya 19 wilayah di Indonesia termasuk Kota Balikpapan sebagai wilayah dengan status waspada terhadap penyebaran virus corona.

Kota Balikpapan merupakan wilayah yang menjadi pintu gerbang Provinsi Kalimantan Timur dengan keberadaan bandara dan pelabuhan bertaraf internasional.

Gunawan menjelaskan berdasarkan pengalaman penanganan ancaman virus sebelumnya seperti SARS dan H5N1, pihaknya telah memiliki prosedur yang telah ditetapkan untuk penanganan terhadap ancaman virus.

Sehingga secara umum, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sudah siap untuk menangani masalah ancaman penyebaran virus di Indonesia. “Kita sudah siap, berdasarkan pengalaman penanganan kasus SARS dulu, kami masih punya dokumen yang menjadi rujukan untuk penanganan ancaman virus,” jelasnya.

Gunawan menjelaskan untuk menyikapi ancaman secara virus corona, pihaknya telah meningkatkan kewaspadaan dengan memperketat pengawasan di tingkat wilayah hingga bandara.

Serta menyiagakan sekitar 100 rumah sakit, untuk mengantisipasi ketika ditemukan adanya pasien yang diduga terjangkit virus corona.

2. Belum ada pasien yang positif terjangkit virus corona

KKP: Ancaman Virus Corona, Belum Ada Pembatasan Turis Asal TiongkokRSUD Blambangan menyiapkan ruang isolasi bila ada pasien corona. IDN Times/Istimewa

Gunawan menyampaikan hingga saat ini, dipastikan belum ada pasien baik dari warga negara Indonesia atau asing yang positif terjangkit virus corona. Hal itu disampaikan untuk mengklarifikasi informasi yang marak beredar di media sosial.

“Kita selalu terbuka, secara nasional sampai saat ini tidak ada, ada beberapa indikasi hasil negatif, sehingga masyarakat tidak perlu panik,” ujarnya.

Gunawan memastikan bahwa wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) masih bebas dari penularan virus corona, sehingga belum ada peningkatan status terhadap bahaya virus corona dari status waspada yang sudah ditetapkan.

“Status kita masih biasa, belum ada warning siaga satu. Kami sudah ada edaran untuk meningkatkan untuk meningkatkan kewaspadaan dari wilayah hingga ke KPP,” terangnya.

3. Tingkatkan pemantauan suhu tubuh di bandara

KKP: Ancaman Virus Corona, Belum Ada Pembatasan Turis Asal TiongkokIlustrasi virus Corona yang sudah menyebar ke 15 negara. IDN Times/ Arief Rahmat

Kementerian Kesehatan telah membuat surat edaran kepada sejumlah daerah dan sedikitnya 22  Kantor Kesehatan Pelabuhan di Bandara untuk meningkatkan pengawasan terutama bagi penumpang yang baru datang dari beberapa negara yang telah terjangkit virus corona. Pemantauan antara lain dengan menggunakan thermo scan atau pendeteksi suhu tubuh penumpang.

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya