Comscore Tracker

Miris! Beli Masker Rp36 Juta via Online, Malah Dikirim Batu Bata

Baru sadar saat paket datang kardusnya kok berat banget~

Palembang, IDN Times - Malang benar nasib Juan Puncan Endrile (30). Berniat membeli masker dalam jumlah yang banyak, warga Bukit Lama Palembang ini justru rugi hingga puluhan juta rupiah.

Juan yang memesan masker secara online itu terkejut saat membuka paket yang diterimanya bukan masker, melainkan batu bata.

"Saya kesal jadi korban penipuan saat belanja online melalui sebuah akun Instagram bernama Intan Karlina," ujar Juan, Selasa (7/4).

Juan pun melaporkan penipuan yang dialaminya itu ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Palembang. 

1. Korban tak curiga sedikitpun saat bertransaksi Rp36,4 juta

Miris! Beli Masker Rp36 Juta via Online, Malah Dikirim Batu BataKorban melapor ke SPKT Polrestabes Palembang (IDN Times/Istimewa)

Juan mengaku tak menaruh curiga sedikit pun saat membeli masker dalam jumlah banyak itu karena sang penjual awalnya tidak menunjukkan tanda-tanda penipuan. Setelah menyetujui jumlah yang dipesan akhirnya korban pun membayar melalui M-Banking kepada pelaku.

"Setelah deal yang saya pesan, lalu saya membayar Rp36,4 juta. Saya transfernya dari rumah," ujar dia.

2. Saat sadar dirinya ditipu, nomor Whatsapp pelaku sudah tidak bisa dihubungi

Miris! Beli Masker Rp36 Juta via Online, Malah Dikirim Batu BataSuasana antrian pembelian Masker di Pasar Pramuka setelah Pasar Jaya umumkan harga Rp125 ribu per kotak (IDN Times/Lia Hutasoit)

Selang beberapa waktu barang pesanan masker pun tiba. Dari bentuk paket yang dikirim dia curiga lantaran kotak tersebut begitu berat. Alangkah terkejut Juan saat mendapati kotak itu benar-benar berisi batu bata.

"Yang saya pesan masker tapi yang datang malah batu bata yang dibungkus menggunakan kardus besar, kemudian saat itu saya langsung menelepon pelaku melalui whatsapp namun ternyata sudah tidak aktif," tutur dia.

3. Polisi akan selidiki kasus penipuan tersebut

Miris! Beli Masker Rp36 Juta via Online, Malah Dikirim Batu BataIlustrasi Masker (IDN Times/Ileny Rizky Dwiantari)

Sementara itu, Kepala SPKT Polrestabes Palembang, AKP Heri membenarkan laporan korban penipuan pembelian masker. Dari laporan tersebut korban mengaku mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

"Laporan sudah kita terima dan laporan polisi korban akan ditindaklanjuti oleh unit Reskrim," ujar dia.

Baca Juga: Jokowi: Semua yang Keluar Rumah Harus Memakai Masker 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya