Gugur Saat Pemilu Serentak, Polda Sumsel Beri Penghargaan 

10 tahun lamanya mengabdi sebagai polisi

Palembang, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) memberikan penghargaan terhadap anggota Polisi yang gugur dalam mengawal pesta Demokrasi pada 17 April lalu.

Pemberian penghargaan dilakukan oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, kepada ahli waris yang diwakili oleh orang tuanya, juga pejabat Polda Sumsel.

Baca Juga: Rekapitulasi 8 Provinsi Selesai, Prabowo-Sandiaga Menang di 2 Daerah

1. Naik satu pangkat jadi Brigadir Polisi Anumerta

Gugur Saat Pemilu Serentak, Polda Sumsel Beri Penghargaan IDN Times/Rangga Erfizal

Menurut Zulkarnain, penghargaan yang diberikan kepada anggotanya yang gugur berupa kenaikan pangkat satu tingkat dari Brigadir Satu menjadi Brigadir Polisi Anumerta Randu Pradivta. Hal itu sebelumnya sudah disampaikan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Penghargaan terhadap anggota Polri yang gugur pada tugas pengamanan pemilu lalu langsung diinstruksikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk naik pangkat dari Brigadir satu menjadi Brigadir Polisi Anumerta dan secara kepangkatan naik dari 2 B menjadi 2 C," ungkap Zulkarnain.

2. Terjadi kecelakaan tunggal usai bertugas

Gugur Saat Pemilu Serentak, Polda Sumsel Beri Penghargaan IDN Times/Rangga Erfizal

Kecelakaan tunggal yang menyebabkan meninggalnya Brigadir Polisi Anumerta Randu terjadi di Jalan Raya Simpang Anji Km 6, Buai Sadang, OKU Selatan. Dirinya meninggal saat hendak pulang ke rumah usai pengamanan Pemilu selama 3 hari sejak tangal 16 April hingga 18 April lalu.

"Ada anggota kami yang gugur pada pelaksanaan tugas pada tanggal 17 April lalu saat mengawal Pilpres dan Pileg di OKU Selatan. Diketahui, Randu mengalami kecapekan setelah pengamanan. Saat akan kembali, terjadi kecelakaan sendiri. Karena ada di lapangan 3 hari, dia letih dan kurang istirahat hingga mengalami kecelakaan tunggal," jelas dia.

Untuk diketahui, ada satu anggota Polisi menjadi korban meninggal dunia di wilayah Sumsel dalam pemilu serentak lalu. Dia meninggal akibat kecelakaan yang diakibatkan kelelahan.

3. Sudah sepulu tahun berkarir di Kepolisian

Gugur Saat Pemilu Serentak, Polda Sumsel Beri Penghargaan IDN Times/Rangga Erfizal

Farida Wati, orang tua almarhum Brigadir Polisi Anumerta Randu Pradivta, mengatakan Randu merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Almarhum sudah berdinas sebagai anggota Polri kurang lebih 10 tahun lima bulan.

"Almarhum meninggalkan satu orang istri yang sedang mengandung anak pertama delapan bulan. Penghargaan dan uang santunan ini akan kami serahkan kepada istri almarhum karena istri almarhum yang berhak," tutup dia.

Baca Juga: Ini Fakta-Fakta Kasus Video Viral Pria Ancam Penggal Presiden 

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya