Jelang Lebaran, Bulog Sumsel Babel Pastikan Stok Daging Beku Aman 

215 Ton daging sapi beku disiapkan

Palembang, IDN Times - Persiapan Ramadan dan Lebaran membuat Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumsel Babel menyiapkan sekitar 215 Ton daging beku.

Antisipasi stok daging beku menjelang lebaran merupakan langkah Bulog menghalau kelangkaan daging yang biasa terjadi menjelang hari Raya.

1. Stok Daging datang bertahap

Jelang Lebaran, Bulog Sumsel Babel Pastikan Stok Daging Beku Aman IDN Times/Rangga Erfizal

Kepala Perum Bulog Divre Sumsel Babel, M. Yusuf Salahuddin, Kamis (9/5). Menurutnya ketersedian 215 Ton daging yang ada akan datang secara bertahap hingga jelang perayaan hari raya nanti.

"Saat ini total yang sudah masuk ke gudang kita sekitar 32 ton daging sapi. Masuknya bertahap. Sore nanti akan datang lagi 70 ton dan dalam minggu minggu ini akan masuk kembali 30 ton, jadi totalnya sampai minggu ini akan masuk sekitar 132 ton," ujar Yusuf.

Baca Juga: Pasokan Beras Kota Malang Dipastikan Aman Hingga Pasca Lebaran

2. Daging didatangkan dari India

Jelang Lebaran, Bulog Sumsel Babel Pastikan Stok Daging Beku Aman realafricanfoods.com

Stok daging beku yang masuk ke dalam gudang Bulog merupakan daging kerbau India. Menurut Yusuf kesediaan daging asal India tersebut harganya lebih rendah sehingga menjadi cara dalam mengupayakan stabilisasi harga selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

"Harga daging beku lebih terjangkau di mana kami jual Rp 80 ribu perkilogramnya sehingga kebutuhan protein masyarakat tetap terpenuhi dan berkualitas serta halal," jelasnya.

3. Masuk daging terkendala penyimpanan

Jelang Lebaran, Bulog Sumsel Babel Pastikan Stok Daging Beku Aman epicurious.com

Selain itu, menurutnya jumlah gudang penampungan Bulog yang terbatas menjadi kendala sehingga masuknya daging dilakukan secara bertahap. Menyewa cold storage menjadi upaya untuk menyiasasi kurangnya tempat penyimpanan.

"Kami memiliki cold storage kapasitas 13 ton. Nantinya kami akan sewa cold storage dengan kapasitas yang lebih besar lagi. Masyarakat bisa mendapatkan daging beku ini dengan langsung membelinya di Gudang Bulog atau bazar-bazar yang di lakukan oleh bulog," ungkapnya.

4. Sisa stok dipastikan datang menjelang hari raya

Jelang Lebaran, Bulog Sumsel Babel Pastikan Stok Daging Beku Aman jasamarga.com

Untuk sisa stok yang belum datang, Yusuf berharap segera di kirimkan mengingat ketika mendekati lebaran kepadatan jalan akan meningkat.

"Kita tahu kalau nanti sudah dekat arus mudik itu akan repot, karena jalanan pasti padat dan macet," jelasnya.

Baca Juga: Lebaran Punya HP Baru, Harga 7 Smartphone Premium Ini Hanya Rp2 Jutaan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya