Jokowi Resmikan Trans Sumatera, Jarak Tempuh Palembang-Lampung 4 Jam

Aceh - Lampung ditarget terhubung 2.700 kilometer

Palembang, IDN Times - Presiden RI, Joko "Jokowi" Widodo menyatakan, proyek infrastruktur jalan bebas hambatan Trans Sumatera yang menyambungkan seluruh pulau Sumatera ini, berkaitan dengan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, bahwa pembangunan tidak dilakukan hanya Pulau Jawa saja.

“Kita harapkan, nantinya dari Lampung menuju atas hingga Aceh pergerakannya nanti di tahun 2024, sepanjang 2.700 kilometer akan diselesaikan," ujar Jokowi, saat peresmian di Gerbang Tol Simpang Pematang kilometer 240 Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji Lampung, Jumat (15/11).

1. Tol yang membelah Provinsi Lampung dan Sumsel

Jokowi Resmikan Trans Sumatera, Jarak Tempuh Palembang-Lampung 4 JamPresiden RI Joko Widodo meresmikan ruas tol Terbangi Besar hingga Kayuagung (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Jokowi mengungkapkan, jalan tol sepanjang 189 kilometer yang diresmikan untuk umum ini, membelah dua provinsi, yakni Lampung dan Sumatera Selatan (Sumsel). Proyek ini sendiri sudah di gagasnya sejak periode pertama kepemimpinannya.

"Totalnya 189 kilometer, ini adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan,  kita sambung lagi tol Kayuagung - Palembang dan Palembang- Betung," ungkap dia. 

2. Jokowi optimistis pertumbuhan ekonomi baru cepat meningkat

Jokowi Resmikan Trans Sumatera, Jarak Tempuh Palembang-Lampung 4 JamPresiden RI Joko Widodo meresmikan ruas tol Terbangi Besar hingga Kayuagung (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Jokowi optimistis, dengan tersambungnya wilayah Sumatera, maka akan cepat meningkatkan pertumbuhan ekonomi baru, lalu perbaikan jaringan logistik lebih baik. Dia menilai, lapangan pekerjaan baru akan tercipta dengan adanya infrastruktur tersebut, bukan hanya konektivitas antar provinsi.

"Artinya di sini kalau ada karet, sawit, ada ikan, akan mempercepat dan memberikan fasilitas pada produksi, serta sentral produksi yang ada, yang paling penting menciptakan lapangan kerja," jelas dia.

3. Tol Palembang-Lampung pangkas waktu tempuh dari 10 jam menjadi 4 jam perjalanan

Jokowi Resmikan Trans Sumatera, Jarak Tempuh Palembang-Lampung 4 JamPresiden RI Joko Widodo meresmikan ruas tol Terbangi Besar hingga Kayuagung (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Sementara, Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengapresiasi pembangunan jalan bebas hambatan yang menghubungkan wilayah Lampung dan Sumsel. Karena, sebelum ada jalan tol ini, jarak tempuh Palembang - selama ini ditempuh dengan waktu 14 jam. Namun setelah terhubung tol, waktu tempuh menjadi lebih singkat menjadi 4 jam perjalanan.

"Hari ini diresmikan Terbanggi-Kayuagung dan Kapal betung telah jalan fungsional, tentu ini berkah bagi warga Sumsel, yang mendekatkan Sumsel dengan pulau Jawa. Tadinya kita tempuh dalam waktu 14 jam ke Bakauehuni, sekarang hanya 4 jam saja. Jadi ada 10 jam terpangkas, berapa BBM nya, energinya yang terhematkan dengan adanya tol ini," jelas Deru.

Baca Juga: Belum Oke, Peresmian Tol Tebangi Besar-Kayuagung pada 17 Agustus Batal

4. Sumsel dan Lampung bisa saling menguntungkan

Jokowi Resmikan Trans Sumatera, Jarak Tempuh Palembang-Lampung 4 JamGubernur Sumsel Herman Deru saat meresmikan tol Kayuagung Terbangi Besar (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Deru menambahkan, dengan terhubungnya kedua provinsi di wilayah Sumatera bagian Selatan itu, besar harapan bagi kedua daerah untuk bahu membahu mewujudkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, demi terciptanya kesejahteraan rakyat.

"Manfaat ini kita perbesar dengan kita membuat exit-exit menuju sentra produksi pertanian, sentra produksi kerajinan dan sentra produksi pariwisata," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya